Kuda Renggong Kesenian Masyarakat Kuningan Yang Perlu Dilestarikan

107


berantasonline.com (Kuningan Jabar) – Kota Kuda merupakan sebutan atau icon Kabupaten Kuningan Jabar, karna di kota ini banyak sekali di temui ratusan kuda yang di miliki beberapa masyarakat Kuningan,ada yang di pekerjakan di kebun sampai di jadikan kendaraan seperti Delman,karna di Kabupaten kuningan sendiri jarang di temui kendaraan angkutan umum.

Salah satunya kuda Renggong atau kuda Tari merupakan seekor kuda kecil yang berpasangan dan hanya bisa keluar pada saat acara-acara tradisi tertentu di kalangan masyarakat Kuningan,karna kuda renggong jarang sekali di miliki setiap warga,hanya beberapa orang tertentu saja yang bisa memilikinya.

Kuda renggong itu sendiri termasuk kuda yang sangat di istimewakan masyarakat Kuningan karna kuda renggong di latih untuk bisa menari-nari dan hanya bisa keluar kandang oleh si pemilik,untuk acara hajatan acara pernikahan sunatan dan acara kesenian, serta di gunakan untuk berkeliling kampung serta arak-arakan di iringi dengan berbagai kesenian dan kebudayaan Kuningan Jawa Barat.

Hendra, Kepala Dusun Wage Rt 17 Rw 03 Desa Kasturi kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jabar yang di temui berantasonline.com (19/6) mengisahkan”Bahwa kuda renggong atau kuda tari merupakan tradisi kesenian yang di lakukan turun temurun sejak jaman dulu,biar kita tidak melupakan sejarah nenek moyang kita sampe sekarang”, paparnya.

Kadus Wage.

Lanjut Hendra, generasi sekarang sudah berubah,jarang-jarang yang ingat dengan sejarah,kesenian dan kebudayaan kita, bahkan sudah hampir punah oleh campur tangan orang-orang luar, “saya berharap kepada generasi sekarang tradisi kebudayaan dan kesenian yang kita miliki selalu di ingat jangan sampai di lupakan”, pungkasnya. (junot)