Kontruksi Jembatan Program TMMD Ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi Dikerjakan Tenaga Profesional

40

berantasonline.com (Sukabumi) – Kontruksi besi pekerjaan jembatan program TMMD ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi yang berlokasi di Kampung Kebonpanjang Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, dikerjakan oleh tenaga-tenaga profesional.

Pekerjaan jembatan menggunakan kerangka kontruksi besi membutuhkan tenaga tekhnis berpengalaman, sehingga akan menghasilkan kualitas dan kwatintas maksimal. Salah satu contoh penggarapan jembatan menggunakan kerangka besi VF sebagai landasan jembatan.

Pantauan berantasonline.com dilokasi, Sertu Anim Mahfud dan Serda Anton Lukas anggota Kodim 0607/Kota Sukabumi, dibantu anggota lainnya, mempersiapkan mulai dari pemotongan, pengelasan hingga empat lajur besi VF terpasang diatas jembatan. Semua itu dikerjakan oleh tenaga ahli dibidang kontruksi besi, Jum’at (19/3/2021).

Sertu Anim Mahfud Anggota Kodim 0607/Kota Sukabumi sekaligus sebagai tekhnisi mengatakan, pembuatan kerangka jembatan menggunakan kontruksi melalui perhitungan ukuran yang matang sehingga hasilnya tidak meleset dan maksimal.

“Besi VF ukuran 500 milimeter sudah siap digeser keatas pondasi yang sudah dicor, setelah itu tinggal pasang UNP untuk pengikat besi VF satu ke yang lain,” demikian dikatakan Anim saat ditemui disela-sela pekerjaannya.

Lanjut Anim, karena beban besi VF nya sangat berat mencapai 1,2 ton perbatang, sedangkan ini ada empat batang, sehingga membawanya menggunakan alat berat excavator ke lokasi jembatan.

“Setelah besi VF terpasang, tinggal pasang Bondek dan wermes lalu pengecoran,” imbuhnya.

(Riswan)