Komunitas Krui Kecah Ko Bersih-Bersih Pantai Labuhan Jukung

199

berantasonline.com (Pesisir Barat) –Komunitas Krui Kecah-Ko dibawah binaan Zen Thomas Redman melaksanakan kegiatan bersih bersih pantai sepanjang pantai labuhan jukung, pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah kabupaten pesisir Barat. Pada sabtu (15/9) dari jam 08.00  WIB  sampai selesai.

Kegiatan bersih bersih pantai dilakukan secara rutin sejak tahun 2017  lalu.

Kegiatan bersih pantai kali ini dihadiri wakil Bupati Pesisir Barat, Erlina dan melibatkan ratusan sukarelawan peduli pantai, diantara  siswa dari SMP 2 Krui, siswa SMP 1 Krui, siswa Madrasan Aliyah Negeri (MAN), siswa NU, SDN 5 ,SDN Kampung  Jawa, kepolisian sektor Pesisir Tengah, Koramil dan masyarakat umum.

Menurut Zen, tujuan dari kegiatan bersih pantai sendiri, adalah bagaimana supaya objek wisata yang ada di Pesisir Barat, khusus nya di pantai Labuhan Jukung keliatan bersih dan rapi, yang akan lebih membuat tertarik para wisatawan untuk berkunjung ke Pesisir Barat.

Selain agar wisatawan banyak mengunjungi Pesisir Barat, kegiatan bersih bersih pantai ini juga bertujuan menjaga agar biota laut dan terumbu karang bisa terjaga, terutama dari sampah sampah plastik, yang banyak bertebaran di pantai Labuhan Jukung.

Mengigat pantai Labuhan Jukung merupakan destinasi wisata utama yang ada di kabupaten Pesisir Barat.

Masih kata Zen,; kegiatan bersih bersih pantai ini sudah di laksanakan sejak Agustus tahun 2017 lalu,dan yang ketiga kalinya di tahun 2018 ini.

Zen juga berharap kepada pemerintah daerah, khususnya dinas terkait, agar  lebih serius dalam hal penanganan sampah di sekitar pantai.

Dengaan lebih banyak lagi menyediakan kantong kantong sampah di sekitar Labuhan Jukung, kalau bisa di setiap 10 meter di sediakan 1 kantong sampah, harap Zen.

Dijelaskanya juga, sampah yang ada di sekitaran pantai Labuhan Jukung, selain berasal dari aliran sungai Way Tuwok, juga berasal dari para pengunjung yang kurang kesadaran terhadap kebersihan lingkungan. We Love Krui, tutup Zen.

Di tempat terpisah, Tadeusz turis asal Polandia, berdecak kagum atas keindahan panorama pantai yang ada di Pesisir Barat.

“saya datang ke sini, karena ada informasi dari teman saya, bahwa di  Krui Pesisir Barat ada ombak Bagus untuk surfing.

Tapi sayang nya pantai nya banyak kelihatan sampah, kata Tadeusz dengan bahasa Indonesia sepotong sepotong.

(Benk)