Kodim 0608/Cianjur Perkenalkan Keunggulan Pupuk Bios 44

21

berantasonline.com (CIANJUR) – Para petani perkebunan, pertanian, peternakan, maupun pertambakan di Kabupaten Cianjur mendapatkan dukungan pupuk unggul Bios 44 yang bisa mengembalikan kesuburan tanah.

Penyuluhan pupuk cair Bios 44 disampaikan oleh STER Mabes TNI Kolonel Inf Budi Prasetyo, dan Letkol Inf Indrama Budi di Posko Pemberdayaan Ketahanan Pangan Kodim 0608/Cianjur, Kampung Beunying, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Jumat (05/04/2019).

Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani menuturkan, pupuk cair Bios 44 merupakan produk TNI yang diciptakan oleh Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo. Pupuk ini sudah teruji kualitasnya oleh tim penilik pertanian dunia, dan telah diuji cobakan pada beberapa wilayah di Indonesia.

“Salah satunya di Danau Maninjau, Sumatera Barat. Sebelumnya danau tersebut tercemar oleh pakan ikan. Tumpukan pakan ikan di dasar danau tersebut bahkan hingga mencapai dua meter. Setelah digunakan Bios 44, pencemaran tersebut perlahan hilang hingga saat ini danau Maninjau dinyatakan bersih,” tuturnya.

Manfaat Bios 44, rencananya akan diuji oleh Dandim kepada para kelompok petani (Poktan) binaan kodim. Setelah berhasil, baru pupuk tersebut juga akan diterapkan kepada seluruh petani yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Kalau hasilnya memuaskan di kelompok tani binaan kami, maka pupuk ini akan kami rekomendasikan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk disalurkan kepada Poktan lainnya di Cianjur secara luas,” jelasnya.

Saat ini, khusus para Poktan binaan kodim, akan disalurkan sebanyak dua ton pupuk cair Bios 44. Pupuk itu akan diuji pada kontur tanah di Cianjur.

(Pendim/Not)