KKG SD Kecamatan Bogor Barat Dilatih Cara Hitung Cepat Metode Permata

129
Peserta pelatihan guru dari Gugus 9.
Peserta pelatihan Guru dari Gugus 7.

berantasonline.com (Bogor) – Sedikitnya 40 orang guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar (KKG SD) Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor dilatih cara cepat menghitung angka metode permata.

Pelatihan guru dari 11 sekolah yang ada di gugus 7 dan 9 itu dilaksanakan di SDN Bubulak 01, Sabtu (24/3/2018).

Ketua Panitia Pelatihan, Ade Sunardi mengatakan pelatihan metode permata cara cepat menghitung angka bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru sekolah dasar khusunya dalam mata pelajaran matematika.

“Pelatihan ini akan dijadikan salah satu program KKG Kecamatan Bogor Barat dan kegiatan ini merupakan langkah awal untuk selanjutnya dilaksanakan di gugus berikutnya,” kata Ade yang juga Kepala SDN Bubulak 03.

Ketua Gugus 9 Encung, SPdI didampingi Ketua Gugus 7 Hj. Emi Mustiastuti, SPd mengungkapkan pelatihan hitung cepat metode Permata dari Yayasan Sajuta (sabar jujur tawakal) Bekasi itu sangat berbeda dengan yang sudah ada selama ini.

“Pelatihan hitung cepat metode Permata sangat membantu guru-guru dalam pelajaran matematika. Diharapkan metode permata hitung cepat bisa dipelajari murid kelas 1 dan 2 dengan mudah. Dan selanjutnya metode hitung cepat bisa dipelajari murid kelas 3 sampai kelas 6,” harapnya.

Sementara itu, instruktur pelatihan metode permata cara cepat menghitung angka, Tatang Muktar menjelaskan metode permata merupakan metode cara cepat menghitung angka-angka yang bertemakan ‘Menata Dunia Eksak Sejak Dini’ itu di kembangkan oleh Yayasan Sajuta (sabar jujur tawakal) di Bekasi. Dan untuk di wilayah Kota/Kabupaten Bogor di kembangkan masyarakat asli orang Bogor dengan penanggung jawab Jajat Sudrajat.

“Metode permata ada dua jilid, pertama tentang tambahan dan pengurangan dan jilid kedua tentang perkalian dan pembagian. Jika metode permata ini dirasa bermanfaat kami akan mengubah isi paradigma matematik dari tingkat sulit jadi suka,” jelasnya. (Manan)