Kemenpar Apresiasi Pelaksanaan Event Kemilau Ngambur di Pesisir Barat

258

Berantasonline.com (PESISIR BARAT)–Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, melalui Dinas Pariwisata menggelar kegiatan Kemilau Ngambur di Pekon Negeriratu Ngambur Kecamatan Ngambur, selasa, (2/10).

Dalam kegiatan itu dihadiri langsung oleh Bupati-Wakil Bupati Pesibar, Agus Istiqlal-Erlina, Ketua DPRD Pesibar, Piddinuri, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Pemkab Tanggamus, dan perwakilan deputy Bank Indonesia. Selain itu hadir juga Kapolsek Bengkunat, Iptu. Ono Karyono, dan ribuan masyarakat Ngambur yang ikut menyaksikan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Agus Istiqlal mengatakan, Pesibar merupakan  kabupaten yang memiliki sejuta pesona pariwisata. “Industri pariwisata memiliki empat digit pertumbuhan ekonomi, ini merupakan aset luar biasa dan bahkan tidak akan habis hingga akhir zaman, jika dapat dikelola dengan sangat baik,” kata dia.

Lanjutnya, pihaknya sendiri berkomitmen penuh untuk terus mempromosikan secara keseluruhan potensi yang terkandung dalam bumi Pesibar. Meskipun dinilai dari segi usia, Pesibar merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan terbatas dalam anggaran. “Ketersediaan APBD Pesibar tergolong kecil, tetapi kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam memperkenalkan pariwisata, karena promosi merupakan hal wajib bagi kami sekalipun APBD kami sangat minim,” tegas Agus

“Bahkan gelaran internasional seperti kejuaraan surfing internasional yang dikemas dalam Krui Pro 2018 yang diikuti berbagai negara kami mampu melaksanakannya,” sambung Bupati.

Bupati berharap, melalui gelaran Kemilau Ngambur dapat menarik minat pengunjung dan gelaran ini bertujuan agar kelestarian adat dan budaya di Kecamatan Ngambur dapat terjaga.

“Terimakasih sudah datang perwakilan Menpar dan perwakilan Menpora, saya berharap dengan kedatangan beliau dapat memberikan energi baru, energi positif dan mudah-mudah dapat membantu baik pemikiran ataupun anggaran yang dapat dikucurkan ke Pesibar,” harap bupati.

Sementara, Staf Ahli Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jonni Mardizal mengatakan, Pesibar merupakan kabupaten termuda di Provinsi Lampung. Dibawah kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati, Agus Istiqlal-Erlina selama dua tahun terakhir perubahan sangat terlihat. Baik dibidang pariwisata, olah raga dan pembangunan.

“Program Bupati-Wakil Bupati, harus didukung baik di sektor pariwisata, olah raga dan pembangunan, bagaimana kemajuan yang ada di Pesibar sudah dapat kita rasakan dan kita harus mendukung programnya. Melalui tangan dingin Bupati diyakini dapat maju dengan pesat,” pungkasnya.

Selain itu, Kasubbid Area Dua Kemenpar, Eksan, mengapresiasi pelaksanaan event tersebut. “Kemenpar mengucapkan terimakasih dengan digelarnya Kemilau Ngambur. Mudah-mudahan dengan digelarnya kegiatan ini kedepan dapat menjadi event tahunan dan kami akan mendukung sepenuhnya program Dispar Pesibar,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dispar, Audi Marpi, berharap gelaran Kemilau Ngambur yang dilaksanakan pada, Selasa-Kamis (2-4/10), dapat berjalan lancar. “Banyak lomba-lomba yang sudah kita programkan, seperti bidang kesenian adat khususnya adat Kecamatan Ngambur, mudah-mudahan lancar dan sesuai rencana,” tutup Audi.

(Benk)