Kembangkan Perikanan, DPKP Agam Dapat DAK 2021 Rp 1,4 Miliar

30

Berantasonline.com (Agam-Sumbar) –

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam, Ermanto, S.Pi, M.Si, saat dikonfirmasi Berantasonline.com, Rabu (23/12/2020) mengatakan untuk tahun 2021 DPKP Agam mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,4 miliar.

DAK dimaksud menurutnya, untuk mengembangan perikanan di daerah itu. Di antaranya untuk pengembangan budidaya ikan, melalui paket percontohan budi daya ikan, dengan beragam jenis spesies ikan, seperti ikan gurami, lele dan nila, dengan biaya Rp 750 juta.

Ia menjelaskan, pengembangan ikan tersebut cukup bagus, dan harganya tinggi Rp 650 juta akan digunakan untuk pengadaan jaring kapal di bawah lima Gross Tonage (GT).

Pada pertengahan tahun 2021, pihaknya akan melakukan pengadaan bibit ikan gurami. Khusus untuk ikan tersebut, pihaknya akan mengembangkan gurami masang, ikan asli dari daerah itu, ujarnya menambahkan.

“Kami berharap pengembangan budi daya ikan, melalui sungai yang ada di nagari-nagari, dapat mendongkrak perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

DELCO FITRIL, S.IP