Kasus Dugaan Berkas Cakades Palsu, Polisi Panggil Panitia Pilkades Batuputih Daya

176

Sumenep – BERANTAS

Kasus dugaan berkas calon kepala desa (Cakades) palsu Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus bergulir.

Aparat kepolisian setempat bahkan sudah memanggil beberapa orang saksi untuk dimintai keterangan. Terakhir, polisi memangil panitia Pilkades Batuputih Daya, Moh Ridlawi.
Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, membenarkan pemanggilan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa kasus ini sudah masuk tahapan penyelidikan.
“Iya. Beberapa pihak sudah dipanggil untuk dimintai keterangan,” kata AKP Widiarti, saat dikonfirmasi media ini Jumat (16/07/2021).
Kasus dugaan berkas Cakades palsu ini mencuat setelah salah satu Cakades Batuputih Daya atas nama Siti Romlah diduga menggunakan dokumen palsu saat mendaftar kepala desa.
Dokumen yang diduga palsu tersebut berupa SK perangkat desa Aeng Anyar, Kecamatan Giligenting Periode 2015 hingga 2017. Padahal, berdasarkan informasi, yang bersangkutan tidak menjadi perangkat desa pada periode tersebut.
Selain memeriksa panitia Pilkades Batuputih Daya, polisi juga sudah meminta keterangan kepada mantan kepala desa Aenganyar, Herman, dan mantan Kadus setempat, Agus Salim.
Widi menuturkan, kasus dugaan berkas palsu ini terus didalami oleh penyidik.
“Kalau sudah masuk ranah penyidikan pemanggilan bukan ranah saya. Semuanya sudah dijelaskan di SP2HP nya kepada pelapor,” pungkasnya.

(Mam/Ansori/red.2)