Kapolres Metro Depok Kunjungi Kantor PWI Lakukan Islah dan Berbagi Sembako

69

Depok, BERANTAS

Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar yang dinilai bersikap arogan dan melakukan intimidasi terhadap salah seorang wartawan DepokNews, Furkan.

Saat itu Furkan sedang melakukan tugas liputannya terkait Laporan Polisi (LP) mendampingi warga yang menjadi korban penipuan sapi ternak asal Bima pada tanggal 2 Agustus 2021.

Dengan adanya tindakan dan sikap arogansi dengan menghardik, mengusir dan menghapus rekaman wartawan Furkan tersebut, hingga membuat publik dan sejumlah organsiasi wartawan di Kota Depok angkat bicara dan mengecam tindakan Kapolres Metro Depok.

Namun akhirnya Kombes Pol Imran Edwin Siregar melakukan islah untuk bersilahturrahmi datang ke Kantor PWI Kota Depok, Rabu (4/8/2021).

Setelah saling memaafkan, seluruh anggota dan pengurus PWI Kota Depok bersama Kapolrestro Depok yang didampingi Dandim Depok, Kolonel Agus Isrok Mi’raj membagikan 100 paket sembako kepada warga di lingkungan sekitar Kantor PWI Kota Depok.

“Silahturrahmi wajib kami lakukan dengan PWI Kota Depok sebagai bentuk kemitraan yang harmonis serta untuk lebih meningkatkan hubungan yang lebih baik lagi.
Mari kita ambil hikmah yang baik dari kejadian kesalahpahaman ini untuk lebih meningkatkan silahturrahmi. Pers itu mempunyai peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,,” ucap Kapolrestro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar.

“Kami akan berbagi informasi giat dan juga informasi adanya peristiwa kriminal dan jumpa pers dalam lingkup kerja Polrestro Depok,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah bersama seluruh pengurus dan anggota PWI Kota Depok menyambut baik kedatangan Kapolrestro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar beserta jajarannya dan Dandim Depok.

“Islah atau mengambil penyelesaian secara damai itu dalam setiap kesalahpahaman selalu dikedepankan dan itu sudah diatur dalam aturan pedoman wartawan PWI selama kedua belah pihak sepakat. Tentu, islah diharapkan semakin mempererat tali silahturrahmi,” ucapnya.

Dengan kejadian ini, diharapkan dapat diambil hikmahnya dan pemberlajaran bersama serta menghimbau kepada semua pihak untuk menghargai kerja-kerja jurnalistik dan menghormati kebebasan pers di Indonesia. Jurnalis dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh hukum sesuai Pasal 8 UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Selain itu juga, PWI Kota Depok mengimbau para wartawan dalam melakukan tugas jurnalistik untuk melengkapi identitas pers, dan patuh terhadap Kode Etik Jurnalistik PWI.
Wajib menghormati hak-hak pribadi, wajib menghormati dan mentaati kesepakatan dengan narasumber, wajib memiliki dan memenuhi kompetensi, profesional serta beretika”, ujar Rusdy.

“Kami sangat apresiasi cara islah yang baik antara PWI Kota Depok dengan Kapolrestro Depok. Komunikasi yang baik dan memang yang dibutuhkan kepemimpinan yang rendah hati,” tutur Tokoh Buruh Kota Depok, Wido Pratikno.

Usai silahturrahmi, seluruh anggota dan pengurus PWI Kota Depok bersama Kapolrestro Depok beserta jajarannya yang juga didampingi Dandim Depok, melakukan aktivitas pembagian 100 paket sembako untuk warga di lingkungan sekitar Kantor PWI Kota Depok.

(Achmad Hudori)