Kapolda Gorontalo Silaturrahmi Dengan Tokoh Agama

36

Berantasonline.com (Gorontalo)

Agama Wujudkan Polri Yang Presisi, Kapolda Gorontalo Gelar Silaturohmi Dengan Pengurus Rabithah Al Alawiyah Provinsi Gorontalo.

Gorontalo-BERANTAS ONLINE.COM
-Kamis (04/2/2021) pukul 10.00 Wita bertempat di Aula Titinepo Polda Gorontalo, Kapolda Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus., S.I.K., M.Si., M.M kembali menggelar kegiatan silaturohmi dengan ulama tokoh agama yang pada kali ini bersama pengurus Rabithah Al Alawiyah Propinsi Gorontalo. Kegiatan yang dalam pelaksanaannya tetap mengedepankan Protokol kesehatan tersebut dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Propinsi Gorontalo Dr. Safrudin Baderan M.Pd, Dir Intelkam, Dir Bimmas, Kabid Humas, Ketua Organisasi Rabithah Al-Alawiyah Provinsi Gorontalo Habib Syukri Al Hasni bersama 11 (Sebelas) Anggota. Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut Commander Wish Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si yang telah mengusung konsep Transformasi menuju Polri yang Presisi ( Prediktif, Responsibiltas dan Transparansi Berkeadilan) terutama Transformasi dibidang pelayanan publik diantaranya program pemantapan komunikasi publik yang diwujudkan dengan kegiatan membangun hubungan dan komunikasi proaktif dengan ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan  pemuda.

Mengawali sambutannya Kapolda Wiyagus menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut diantaranya untuk meningkatkan sinergi antara Polda Gorontalo dengan segenap komponen masyarakat termasuk didalamnya para ulama maupun tokoh agama.

“ Giat Silaturahmi ini dilaksanakan dalam rangka mempererat hubungan Silaturrohmi dan menjaga komunikasi guna meningkatkan sinergi antara Polda Gorontalo dengan segenap Komponen masyarakat khususnya para ulama maupun tokoh agama yang dalam hal ini para Pengurus Rabithah Al Alawiyah Propinsi Gorontalo, dimana diharapkan dapat bekerja sama dengan Polri / Polda Gorontalo maupun Pemerintah dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas serta turut mengambil bagian dalam memutus mata rantai Penyebaran Covid-19 di Wilayah Provinsi Gorontalo, kata Wiyagus.

Dalam pertemuan Wiyagus juga berharap adanya masukan, kritikan dari para pengurus Rabithah Al Alawiyah guna mendukung pelaksanaan Tupoksi Polri khususnya jajaran Kepolisian daerah Gorontalo.

“ Dari kebijakan Kapolri yakni Transformasi menuju Polri yang Presisi, Polri harus lebih banyak mendengar apa yang menjadi keluhan dan harapan masyarakat, dan  Saya lebih suka dikritik secara keras dan pedas karena itu bagi saya adalah obat untuk melakukan perbaikan- perbaikan, ” terang Wiyagus.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Propinsi Gorontalo Dr. Safrudin Baderan M.Pd memberikan apresiasi atas kegiatan silaturohmi yang dilaksanakan oleh Polda Gorontalo dengan pengurus Rabithah Al Alawiyah.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan menghadiri kegiatan silaturomi ini, sekaligus memberikan apresiasi atas langkah Bapak Kapolda yang menggunakan langkah-langkah soft aprroach dengan membangun komunikasi dengan para ulama / tokoh agama dalam mendukung terwujudnya Kamtibmas yang aman dan kondusif di Propinsi Gorontalo maupun mensikapi perkembangan situasi nasional saat ini,” Ujarnya.

Dalam penjelasannya,  Syafudin mengatakan bahwa Organisasi Rabithah Al-Alawiyah Provinsi Gorontalo merupakan Organisasi yang didalamnya merupakan garis Keturunan baginda Nabi Muhammad SAW.

“Organisasi Rabithah Al-Alawiyah berdiri sejak tahun 1928 dan untuk Organisasi Rabithah Al-Alawiyah Provinsi Gorontalo terdaftar di Kemenag sejak Tahun 2018. Kelompok – kelompok Habaib di Wilayah Provinsi Gorontalo sangat – sangat mendukung adat istiadat daerah , ” imbuhnya.

Selanjutnya Ketua Organisasi Rabithah Al Alawiyah Provinsi Gorontalo Habib Syukri Al Hasni dalam sambutannya menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksnakan oleh Organisasi Rabithah Al Alawiyah.

“ Organisasi Rabithah Al-Alawiyah Provinsi Gorontalo merupakan Perpanjangan Tangan dari Organisasi Rabithah Al-Alawiyah Pusat,saat ini Organisasi Rabithah Al-Alawiyah Provinsi Gorontalo Fokus pada kegiatan Dakwah dan Kegiatan Sosial Lainnya diantaranya pembangunan Pesantren dan pembangunan Mesjid, Organisasi Rabithah Al-Alawiyah Provinsi Gorontalo terus memberikan Dakwah ahli sunah, ” imbuhnya.

Penjelasan Habib Syukri Al Hasni tersebut kemudian ditambahkan oleh Habib Salim Al-Jufri merupakan Ketua Bidang Dakwah yang membutuhkan kerjasama dengan Polda Gorontalo dalam menjalankan program dakwah preman.

“ Kami mempunya Program Dakwah Preman, yang dalam pelaksanaanya kami membutuhkan kerja sama / dukungan dari Polri dalam hal ini Polda Gorontalo untuk mengumpulkan para preman, dan nanti kami yang akan memberikan tausiyah, Insya Allah mereka bisa kembali kejalan yang benar dan berperilaku baik, ” ujarnya.

Di akhir kegiatan tersebut, Kapolda Wiyagus memberikan bantuan social guna mendukung program dan kegiatan dari Organisasi Rabithah Al Alawiyah Propinsi Gorontalo.
( idr )