Kapan Seseorang Dinyatakan Sembuh Setelah Menjalani Isolasi Mandiri

6500

Jakarta, BERANTAS

Sembuh dari Covid-19 merupakan terminologi yang berbeda dengan sudah selesai isolasi. Memahami kedua terminologi berikut akan membantu Anda mengetahui jika Anda sudah selesai isolasi atau sudah sembuh. Namun, pada akhirnya, keputusan tersebut memerlukan pendapat ahli seperti dokter dan tes yang mumpuni.

Ketika seseorang dinyatakan positif Covid-19, banyak diantara mereka yang memilih melakukan isolasi mandiri atau isoman dibandingkan melakukan perawatan di rumah sakit.

Karena meski jauh dari dokter, para pasein isoman juga bisa mengontrol kesehatan melalui beberapa aplikasi kesehatan yang bekerja sama dengan pemerintah tanpa perlu membayar.

Yang cukup sering menjadi pertanyaan bagi pasien maupun masyarakat adalah syarat seseorang selesai melakukan isoman dan sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Nah, jika Anda terkonfirmasi positif Covid-19, Anda perlu tahu berapa lama Anda harus melakukan isolasi. Menurut pedoman dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, durasi isolasi akan bergantung pada gejala pasien seperti pemaparan berikut.

Tanpa gejala: 10 hari setelah terkonfirmasi positif
Gejala ringan: 10 hari setelah timbul gejala ditambah minimal 3 hari setelah bebas gejala
Gejala sedang: 10 hari setelah timbul gejala ditambah minimal 3 hari setelah bebas gejala
Gejala berat: Sampai dinyatakan sembuh oleh dokter penanggung jawab dengan hasil tes PCR negatif dan klinis membaik

Sembuh dari Covid-19
Walaupun sudah selesai melakukan isolasi, sering kali pasien masih merasakan beberapa gejala lebih dari 10 hari. Kondisi ini dinamakan long covid. Kondisi ini membuat pasien bingung apakah sudah boleh keluar dari isolasi atau belum.

Gejala yang sering dirasakan dalam waktu yang lama pada pasien Covid-19 antara lain, mudah lelah, batuk, dan anosmia atau indra penciuman yang hilang.

Selain itu, jika kondisi Anda sudah stabil setelah beberapa hari tanpa bantuan suplai oksigen, berarti Anda sudah sehat dan sembuh dari Covid-19.

Pada pasien bergejala, benar-benar sembuh dari Covid-19 mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu.

Pasien dengan gejala sedang akan benar-benar sembuh dalam waktu 2 sampai 8 minggu. Sedangkan pasien dengan gejala lebih berat mungkin membutuhkan waktu lebih lama hingga 12 bulan.

Selain itu, gejala yang lebih berat seperti gangguan fungsi organ juga dilaporkan ditemukan pada pasien yang pernah terkonfirmasi positif covid. Kaitan antara infeksi virus SARS-CoV-2 dengan komplikasi jangka panjang masih belum diketahui.

Komplikasi setelah isolasi
Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai untuk menentukan jika Anda telah sembuh dari Covid-19.

Penyakit jantung: nyeri atau rasa tertekan pada dada, berkeringat tanpa sebab, jantung berdebar
Gangguan ginjal
Diabetes: mudah lapar, mudah lelah, rasa haus yang berlebih

Pada akhirnya, penting untuk melakukan berbagai upaya untuk benar-benar sembuh dari Covid-19.
Tidak hanya dengan menjaga asupan serta memperketat protokol kesehatan, namun juga dengan aktif bergerak sesuai kemampuan kita agar tubuh kembali sehat seperti sedia kala.

Achmad Hudori