Kantor BAZNAS Pesisir Barat Resmi Beroperasi

156

berantasonline.com (Krui Lampung) – Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Jumat pagi (23/2) meresmikan beroperasinya Kantor BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Pesisir Barat yang berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 03 Kampung Sawah, Kecamatan Pesisir Tengah.

Dalam arahannya, Bupati berharap Baznas dapat menjalankan fungsinya  selaku Perencana, Pelaksana, Pengendali dan Pelapor Tentang Pengumpulan, Pendistribusian Dan Pendayagunaan Zakat.

“Dengan demikian, pengelolaan Zakat akan semakin berkembang baik dari sisi pengumpulan maupun pendistribusian dan pendayagunaannya di Kabupaten Pesisir Barat ini”, ujarnya.

Bupati menjelaskan, bahwa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan Badan Resmi yang dibentuk oleh Pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (Zis) pada tingkat Nasional.

“Dengan demikian, bahwa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Bertanggung Jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berazaskan Syariat Islam, Amanah, Kemanfaatan, Keadilan, Kepastian Hukum, Terintegrasi dan Akuntabilitas”, tuturnya.

Agus menambahkan, Baznas merupakan satu diantara sedikit Lembaga Nonstruktural yang memberi kontribusi kepada Negara dibidang pembangunan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan melalui pengelolaan dana Zakat. (Bambang Irawan/red.3)