Kamsul : Jika Teknologi 5G Masuk, Wartawan yang Lolos UKW Tak Perlu Lagi Uji Kalayakan

24

berantasonline.com (BOGOR)

Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat Kamsul Hasan, MH mengatakan, jika nanti teknologi jaringan kelima (5G) telah memasuki Indonesia dimana bagi jurnalis yang telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebelumnya ditingkat Muda, Madya dan Utama, tak perlu lagi mengulang untuk menempuh uji kelayakan.

Hal tersebut ditegaskan Kamsul Hasan ketika memberikan paparan kepada peserta Sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan PWI Kabupaten Bogor, Rabu (18/11-2020) di Aula Hotel M-One Sukaraja Kab Bogor.

Menurutnya, dalam tugas Wartawan di negeri ini yang mulanya menulis naskah berita yang berupa teks, nantinya bakal bertransformasi menjadi audio visual (tayangan bergerak), karena kemajuan teknologi jaringan yang ditemukan oleh negara maju seperti Korea.

“Enggak perlu mengulang UKW lagi jika jaringan generasi kelima (5G) itu masuk ke Indonesia”, ujar Kamsul.

Ia menjelaskan, untuk rekan rekan Wartawan yang sudah lulus UKW tak perlu lagi mengulang Uji Kompetensi Keprofessian, meskipun nanti adanya peralihan penyajian berita kepada pembaca atau masyarakat luas dari berupa naskah berita atau teks tulisan ke audio visual.

Nantinya dengan perkembangan jaman yang semakin maju dibidang teknologi maupun jaringan tersebut masyarakat Indonesia cenderung lebih malas untuk membaca Wartawan yang telah memiliki Sertifikat/Kartu Wartawan diharapkan dapat menyesuaikan diri serta mempelajari teknologi dengan adanya peralihan penyajian pemberian informasi berita kepada masyarakat dari teks ke Audio Visual.

“Jadi teman teman Wartawan yang sudah memiliki Sertifikat UKW nantinya jangan berdiam diri, dia harus upgrade, harus terus ikuti perkembangan jaman karena dunia media kita ini terus berkembang dengan diketemukannya jaringan generas kelima atau Five G (5G) di negara negara maju seperti Korea yang kemampua kecepatan jaringan 4G saat ini”, pungkasnya.

(bust)