Kampung Hejo Panen Perdana Sayuran Hidroponik, Bentuk Kemandirian Warga

75

berantasonline.com (Bogor) – Panen perdana sayuran hidroponik Lembur Hejo Kampung KB Madani di Kampung Pabuaran Hilir RT 03 / RW 05, Desa Sukatani, Sukaraja, Bogor, Sabtu ( 21/12), berlangsung meriah diserbu pembeli kaum ibu ibu warga setempat.

Debi Juliansah pengelola hidroponik Lembur Hejo Kampung KB Madani dalam keterangannya mengatakan, kedepannya kita akan mengembangkan jenis sayuran untuk kemandirian warga sekitar dalam dunia usaha hususnya warga masyarakat Sukatani, Sukaraja, Bogor.

Proses pembibitan sejenis pakcoy dan selada 7 hari kemudian menjadi kecambah sekitar 25 hari, hingga panen waktunya relatif singkat maksimal 40 hari, berawal dari 12 sampai 15 jenis tanaman yang sudah berjalan semuanya untuk kebutuhan sehari hari. Media tanam menggunakan bahan paralon tidak harus di lahan terbuka yang luas, ini lebih praktis dan efisien.

Untuk luas lahan cocok tanam sayuran hidroponik yang dikelola sekitar 50 M ditambah ruang didack atas rumah, jadi metode marketing untuk sementara pembeli dengan cara memetik sendiri sehingga ada unsur wisata alam dan selfy dikebun lembur hejo ini.

Pengembangan ke depan warga akan diberi pendidikan semacam pelatihan agar setiap rumah bisa memiliki kebun hidroponik, sekarang untuk perawatan sehari hari saya dibantu dua orang yang fokus, M. Supriyasi dan Dendi Kurniawan, selainnya pemuda dan warga sekitarnya.

Dalam menjalankan operasional cocok tanam hidroponik sehari hari saya dibantu istri Yulianti, anggota BPD Desa Sukatani. Berawal dari hobi sang suami Debbi Juliansah, ia senang bercocok tanam dia pernah bergabung dengan rekan rekannya Komunitas Hidroponik Kota Bogor (Kotahira).

Berangkat dari pengalaman otodidak peluang bisnis tersebut dimulai dari rumah sendiri, lalu karena sebagai penampung aspirasi warga rencara pelatihan diusulkan ke Musrenbangdes Sukatani sehingga diakomodir biaya pelatihan warga Rp 36 juta untuk 25 orang peserta dibagi beberapa kelompok, dengan tema kampung wisata jadi lingkungan nantinya akan hejo dengan sayur sayuran.

Untuk selanjutnya pengembangan kita akan ekspansi di lokasi lain tidak jauh dari kampung sini juga, kita bersyukur Pemerintahan Desa Sukatani dalam hal ini Kades Suhendar mendukung penuh usaha sayur sayur sebagai bentuk kemandirian warganya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kasie Ekbang Abdul Gofar, Ketua RT RW, Kadus dan masyarakat sekitranya.

(Sam)