Kali Cileungsi Masih Tercemar, Penerapan Sanksi 11 Perusahaan Tidak Berlangsung Lama

41

Foto : Wk. Bendahara Presidium Pemekaran Bogor Timur Jaya Abidin, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Bogor Asnan AP, M.Si.

Berantasonline.com (Bogor)

Diduga telah melakukan pencemaran Kali Cileungsi, sebanyak 11 Perusahaan telah ditutup oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, didukung oleh Polres dan Kodim O621 Kab. Bogor.

Diperoleh keterangan, 11 Perusahaan yang saluran air limbahnya diduga telah mencemarkan Kali Cileungsi, terdiri dari PT. Sejahtera Usaha Bersama, PT. Bumi Warna Usaha Jaya, PT. Aneka Boga Citra, PT. Bitutet, PT. Picampindo atasnama Roy Anton, PT. Surya Karisma Mandiri, PT. Sari Keramindo Internasional, PT. Paramindo Mas Agung Jaya, PT. Trafcom Indonesia Perkasa, PT. Bona Natu Cemerlang, dan PT. Simone Acessory Colection.

Namun menurut laporan Pengurus Presidium Pemekaran Bogor Timur, Jaya Abidin (Wk.Bendahara), Rabu 23/9-2020), Air Kali Cileungsi masih tetap keruh berwarna hitam, diduga kuat pelanggaran masih dilakukan oleh perusahaan nakal.

“Mengenai penutupan oleh Dinas LH Kabupaten Bogor tersebut hanya berlangsung tidak lama, pemilik perusahan hanya diminta memperbaiki IPAL dan sekarang keadaan Kali Cileungsi tetap tercemar”, ujarnya.

Untuk itu pada hari Senin lalu (21/9) Pengurus Presidium Pemekaran Bogor Timur mendesak Komisi III DPRD Kab. Bogor untuk turun tangan.

Fatoni Anggota Komisi III DPRD Kab Bogor dihadapan Pengurus Presidium Pengembangan Bogor Timur berjanji akan memperjuangkan sesuai kewenangannya, untuk melakukan penertiban pencemaran Kali Cileungsi sesuai Undang Undang agar memberikan efek jera.

Audiensi Pengurus Presidium Pemekaran Bogor Timur diikuti Ketua Umumnya Nafizul Alhafiz, Sekretaris Alex Slamet Riyadi dan Wk. Bendahara Jaya Abidin.

Kedatangan Presidium beraudiensi dengan Komisi III DPRD Kab Bogor tersebut terkait adanya pencemaran Sungai (Kali) Cileungsi dan Penambangan illegal (liar) di Wilayah Bogor Timur Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Selasa petang kemarin (22/9), dalam pertemuan pengurus Presidium Pemekaran Bogor Timur dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Bogor Asnan AP, M.Si bertempat di Kota Wisata Cibubur, Kadis Asnan menegaskan akan menindak tegas perusahaan yang mencemari lingkungan, karena sudah banyak menerima keluhan dan laporan masyarakat dengan adanya pencemaran Kali Cikeas dan Kali Cileungsi.

Asnan berjanji akan berkoordinasi dengan stakeholder dan para pemangku kepentingan, untuk menindak perusahaan perusahaan yang terbukti membuang limbahnya ke Kali Cileungsi.

“Untuk itu dalam waktu dekat akan ada aksi bersama dengan Gugus Tugas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat”, ungkapnya.

(JA/red.1)