Kadiskes Pesisir Barat Bantah Pemotongan 30 % Dana BOK Puskesmas

255

berantasonline.com (Krui-Lampung) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Pesisir Barat, Bambang Purwanto, Kamis (19/4) membantah adanya berita tentang pemotongan dana BOK (Biaya Operasional Kesehatan) tiap Puskesmas dengan alasan untuk saving (dana pengamanan).

Bambang Purwanto menegaskan, tidak benar adanya pemotongan dana sebesar 30 persen dari tiap Puskesmas tersebut, “Pokoknya saya siap bertanggungjawab terkait dengan persoalan itu, karena memang tidak benar. Saya siap memberikan keterangan bagi siapapun yang mencari informasi tentang adanya dugaan pemotongan tersebut”, tegas Kadiskes melalui telpon selularnya ketika dikonfirmasi berantasonline.com, Kamis (19/4).

Saat ini ramai diberitakan media massa bahwa adanya pemotongan dana tersebut berlangsung sejak November 2017. “Sebelum dipotong, tiap pimpinan Puskesmas dikumpulkan dan dirapatkan di Kantor Dinas Kesehatan”, ujar sebuah sumber kepada Tim PWI Kab Pesisir Barat yang melakukan investigasi.

Dari plafond sebesar Rp 500 juta untuk dikelola tiap Puskesmas, dipotong 30 persen sehingga tersisa Rp 300 juta. (benk/red.1)