Kades Bolang Minta Diberi Prioritas Pembangunan JUT dan Normalisasi

49

berantasonline.com KARAWANG

Kepala Pemerintahan Desa Bolang Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang Jawabarat, meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Karawang, Provinsi Jabar Dan Pusat agar menempatkan wilayah Desa Bolang Dalam pembangunan fisik pada skala prioritas.

Diantaranya Jalan Usaha Tani (JUT) Didusun Cipugal volume panjang 1500 meter, lebar 1,5 meter, tinggi 10 cm dengan hamparan luas pertanian 78 haktare.

Jalan usaha tani yang diminta agar dimasukkan dalam skala prioritas, kondisinya sudah sangat layak dibangunan dan diperhatikan olehkarena fisiknya sangat menyulitkan warga dalam beraktivitas serta menjadikan biaya produksi tinggi.

Jalan Usaha Tani Diwilayah Desa Bolang manakala fisiknya cepat diperbaiki tentunya akan meningkatkan aktivitas, menekan biaya produksi apabila sarana dan prasarana sebagai pendukung pertanian dipenuhi secara maximal.

Begitupun dengan perbaikan jaringan saluran air untuk mendukung usaha tani di Desa Bolang betul betul perlu diperhatikan khusus, karena sudah mengalami pendangkalan dan penyempitan akibat pengendapan lumpur dan penumpukan sampah yang dibuang sembarangan yang berdampak debit air tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Berpotensi diakibatkan dua sarana dan prasarana fisik yang sudah tidak layak, serta harus cepat disikapi Pembangunan fisiknya” olehkarena Pendapatan para petani selama ini menurun akibat biaya produksi tinggi.

Oleh karena jalan usaha tani sangat diperlukan begitupun dengan air yang merupakan salah satu faktor determinan (penentu)dalam proses produksi pertanian yang sangat strategis, agar petani mampu meningkatkan hasil usahanya untuk kesejahteraan. Ungkap Kades Bolang.(5 Juni 2021).

Usulan Kades Bolang didukung oleh Kepala Desa Kedungjeruk Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang. H.Rakman oleh karena selain wilayah batas domicili hukum, banyak warganya yang melakukan aktivitas diwilayah Dusun Cipugal jalan sebagai buruh usaha tani.

Memang betul-betul masyarakat, banyak menemui kesulitan untuk mengolah dan membawa hasil pertanian pokoknya cost nya tinggi harus dibantu pakai jasa motor trail yang harganya mahal, padahal kalau jalannya layak kan bisa secara manual pakai sepeda”, ujar H. Rakman.

Pokonya saya sangat mendukung permintaan dan permohonan Kades Bolang kepada pemerintah daerah kabupaten Karawang Anggota DPRD kabupaten Karawang, Gubernur Jawabarat, Anggota DPRD provinsi Jawabarat. Agar segera melakukan pembangunan fisik jalan Usaha Tani Dan Normalisasi serta pembuatan Turab Diwilayah yang diajukan Kades Bolang Ahmad Hidayat”, kata H. Rakman Kades Kedungjeruk bersemangat.

(Yusup)