Kabupaten Pinrang Tuan Rumah Musda PERSAKMI Sulsel

38

berantasonline.com (Bogor) – Sedikitnya 700 an orang sarjana kesehatan dari seluruh daerah di Sulsel hadir di Pinrang, para sarjana kesehatan masyarakat ini tergabung dalam organisasi Perhimpunan Sarjana  dan Profesional Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) mengikuti sebuah agenda penting, yakni Musyawarah Daerah (Musda) III dan Seminar Nasional.

Musda PERSAKMI ini dibuka Bupati Pinrang Aslam Patonangi, Sabtu (20/10) di ruang pola Kantor Bupati Pinrang, Selain dihadiri Kadis Kesehatan Prov Sulsel DR dr. H. Bachtiar Baso, M.Kes juga hadir Ketua Umum PERSAKMI Pusat Prof DR Ridwan Amiruddin, SKM, Mkes MSc PH, Ketua Pengda PERSAKMI Sulsel Prof Sukri Paturusi,SKM Mkes PH Phd dan Kadis Kesehatan Pinrang dr Dyah Puspita Dewi.

Bupati Pinrang Aslam Patonangi mengatakan bahwa tema yang diusung dalam Musda yaitu Pemantapan Sinergitas Lintas Profesi Menuju Pencapaian Sustanible Developmen Goals (SDGs), sangat relevan dalam kondisi saat ini, pembangunan yang berkelanjutan memerlukan sinergitas guna mencapai masyarakat yang sehat, pola pikir yang berkembang bahwa sektor kesehatan bukan hanya untuk mengurusi orang sakit.

“Hal itu perlu dijelaskan bahwa untuk hidup sehat dimulai dari budaya dikalangan kita dengan memulai baik lingkungan, pola hidup dan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan, kebersihan  disamping rajin berolahraga”, kata Aslam dalam sambutannya.

Sedang Ketua Umum Persakmi Pusat Ridwan Amiruddin menyebut peran Persakmi dalam pembangunan berkelanjutan sangat penting, karena Sarjana Kesehatan Masyarakat memasuki semua sektor yang dapat memperkuat satu sama lain dengan mampu membangun kompetensi dengan profesi lainnya.

Ketua Panitia Musda dan Seminar Persakmi H. Muh Yasin, SKM Mkes yang juga Ketua PERSAKMI Pinrang menjelaskan Musda III Persakmi Sulsel diikuti Pegurus Persakmi Sulsel, disamping juga seminar dengan pembicara para ahli dari PERSAKMI, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas, Kadis Kesehatan Sulsel, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulsel dan Pimpinan Cabang Persatuan Perawat Nasional Indonesia Sulsel, Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia Sulsel.

Rangkain acara itu, Minggu (21/10) akan dilaksanakan jalan santai, Donor Darah dan Lounching Senam Sehat PERSAKMI.

(JAY/HC)