Jokowi-Ma’ruf Presiden dan Wapres Terpilih, MK Tolak Gugatan Prabowo-Sandiaga

64

berantasonline.com (Jakarta) – Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak seluruh gugatan Prabowo-Sandiaga Uno dalam sidang terbuka Kamis 27 Juni 2019.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dalam amar putusan MK, Kamis (27/6) Pukul 21.16 Wib menyatakan dalam eksepsi termohon dan pihak terkait, Majelis menyatakan menolak seluruh gugatan pemohon Prabowo-Sandiaga Uno.

Sehingga putusan ini secara tidak langsung menetapkan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 berdasarkan Keputusan rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pembacaan putusan sidang Mahkamah Konstitusi yang telah berlangsung selama 14 hari tersebut dibacakan secara bergantian oleh 9 Hakim Konstitusi Anwar Usman, Aswanto, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, I Gde Palguna, Suhartoyo, MP. Sitompul, Saldi Isra dan Enny Nurbaningsih.

Calon Presiden Prabowo Subianto dalam Konfrensi Pers di Jl. Kertanegara Jakarta menyatakan menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi yang konstitusional, Prabowo mengapresiasi kerja Mahkamah konstitusi, namun akan mencari celah hukum lain yang bisa ditempuh untuk memenangkan 2019.

Ditempat terpisah, Presiden Joko widodo didampingi Cawapres Ma’ruf Amin menegaskan, dengan selesainya Sidang Mahkamah Konstusi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu membangun negeri.

“Sekarang tidak adalagi 01-02 yang ada Persatuan Indonesia”, ujar Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum menurut Ketua KPU Arief Budiman akan menyelenggarakan Sidang Sabtu (30/6), guna menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terlilih masa bhakti 2019-2024.

(bust)