Jokowi – Ma’ruf Amin Diambang Kemenangan Telak

1156

berantasonline.com (Jakarta) – Pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif telah berlangsung diseluruh persada nusantara, Rabu 17 April 2019 dalam keadaan aman dan lancar.

Pesta demokrasi ini dimulai serentak Pukul 07.00 wib dan berakhir Pukul 13.00. Para pemilih berbondong bondong melaksanakan hak pilihnya dengan riang dan gembira.

Pada siang hari mulai Pukul 15.00 wib secara serentak Lembaga Survey yang resmi tercatat di KPU mengumumkan hasil hitung cepat Pilpres 2019 yang pada umumnya mengunggulkan pasangan Petahana Joko Widodo dengan Ma’ruf Amin sebagai pemenang untuk sementara.

Diantara Lembaga Survey terkemuka seperti LSI (Lembaga Survey Indonesia), Pimpinan Denny JA pada Pkl 18.40 Wib dalam keadaan suara masuk 94,14 persen keadaan Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 55,43 persen melawan Prabowo-Sandiaga Uno 45,57 persen.

Demikian pula Lembaga Survey CSIS mencatat keadaan 55,53 persen untuk Jokowi-Ma’ruf Amin dan 44,39 persen untuk Prabowo -Sandiaga Uno. Dengan demikian sudah hampir dapat dipastikan Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil sebagai pemenang Pilpres 2019, tinggal menunggu penghitungan Real Count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Presiden Joko Widodo selaku Capres petahana di Gedung Pusat Pemantau Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Gedung Jakarta Theater, Rabu petang (17/4), menyampaikan ucapan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu yang telah melaksanakan Pilpres dan Pileg berjalan lancar dan adil.

Terimakasih pula diucapkan Presiden Jokowi kepada TNI dan Polri yang telah mengendalikan keadaan hingga berjalan baik dan aman. “Hasil Quick Count (hitung cepat..red) telah kita lihat dan kita harus bersabar menunggu penghitungan resmi dari KPU. Marilah kita bersatu kembali seperti sediakala, kembali mengikat persatuan dan kesatuan”, ujar Jokowi.

Ditempat terpisah, Capres Prabowo Subianto menyerukan pendukungnya agar tetap tenang, jangan berbuat anarkis. Menurut Prabowo, berdasarkan penghitungan intenalnya pasangan Prabowo-Sandi sudah mencapai 63 persen.

Sementara itu, berdasarkan catatan hingga Pkl. 22.30 wib, Litbang Kompas mencatat 54.52 persen untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf sedangkan untuk Prabowo Sandiaga Uno 45,48 persen.

SMRC, Jokow-Ma’rruf 54,82 persen Prabowo-Sandiaga Uno 45,18 persen.

Charta Politika, Jokowi-Ma’ruf 54,42 persen Prabowo-Sandiaga 45,65 persen.

Indo Barometer, Jokowi M’aruf Amin 54,19 persen Prabowo Sandiaga 45,81 persen.

(bust)