Joko Tjandra Diserahkan Polri ke Kejagung Untuk Di Eksekusi

18

berantasonline.com (Jakarta)

Terpidana buronan kelas kakap Kasus Cesi Bank Bali, Jum’at malam (31/7/2020) Pkl 21.00 WIB sehari setelah ditahan Mabes Polri, diserahkan kepada Kejaksaan Agung untuk di Eksekusi.

Terpidana Joko Tjandra berhasil ditangkap oleh Tim Gabungan Polri dan Polisi Diraja Malaysia itu ditangkap disebuah Apartemen mewah di Kuala Lumpur Malaysia, Kamis (30/7/2020) pkl 18.00 WIB dan malam itu juga diterbangkan ke Jakarta lewat pangkalan udara Halim Perdana Kusuma sekitar Pkl 22.30 Wib tiba di Jakarta.

Pelaksanaan serah terima atas terpidana Joko Tjandra buronan yang sempat kabur selama 11 tahun itu dilakukan dari pihak Polri kepada Kejaksaan Agung selaku eksekutor, mengingat Keputusan Sidang PK Joko Tjandra telah ditolak oleh MA.

Penyerahan terpidana Joko Tjandra dilakukan oleh Perwakilan Polri kepada Kejaksaan Agung dan Kepala Rutan Salemba Jakarta. Penandatanganan diketahui oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Ali Mukartono dan Dirjen Pemasyarakatan Irjen Pol. Reynhard Saut Silitonga.

Dirjen Pemasyarakatan Irjen Pol Reynhard katakan terdakwa Joko Tjandra akan ditempatkan di Rutan Salemba Cabang Mabes Polri.

Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit kepada Wartawan menjelaskan penahanan Joko Tjandra di Lapas Cabang Mabes Polri ini sebab Joko Tjandra masih perlu dilakukan pemeriksaan terdapat berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kaburnya buronan tersebut sebelumnya.

Sebelum acara dimulai Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Agro Yuwono mengatakan acara penyerahan tersebut sehubungan dengan adanya penolakan PK oleh Mahkamah Agung.

( Indra Maulana/red.1)