Jembatan Kp Ciwulung Lebak Rampung Dibangun

82

berantasonline.com (LEBAK BANTEN) – Masyarakat Desa Anggalan menyambut baik rampungnya pembangunan jembatan di kampung ciwulung RT/RW 012/004 Desa Anggalan Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak Banten, sebagai sarana insfrastruktur jalan yang sangat dibutuhkan masyarakat selama ini.

Kepala desa Anggalan Bustomi mengaku dirinya merasa bangga, dengan antusiasme masyarakat membangun jembatan tersebut sampai selesai.

“Kepala desa hanya menjalankan amanah sesuai undang undang nomor 6 tahun 2014 atau yang lebih dikenal dengan sebutan undang undang desa yang telah di sahkan dan di undangkan pada tanggal 15 Januari 2014 merupakan perwujudan penghormatan negara terhadap desa, juga kentalnya partisipatif masyarakat membangun Desa, karena tanpa adanya tindakan partisipatif tidak akan terwujud”, tuturnya.

Ketua TPK H. Jajang menambahkan, bahwa hal yang terpenting dalam pembangunan Desa harus di mulai dengan memperhatikan kondisi lingkungan, kondisi sosial masyarakat kemudian nantinya barulah kepada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Karena masyarakat Desa sangat bergantung pada sumber daya alam, begitupun kondisi sosial dan adat-istiadat masyarakat, jangan sampai program program yang di kucurkan dari pemerintah pusat ataupun daerah bertentangan dengan kondisi sosial ataupun aturan adat-istiadat masyarakat desa. Apabila hal tersebut terjadi maka pembangunan yang dilakukan akan menjadi sia sia”, jelas H. Jajang.

Sementara itu, Anda selaku exbank Desa Anggalan menuturkan kepada berantasonline.com, (12/7), sangat penting diperlukan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa demi mewujudkan kemandirian desa dan mengurangi kesenjangan antara Desa dan kota.

“Adapun program program yang di canangkan di antaranya BUMDES, yang merupakan perwujudan dari wirausaha Desa di mana pengelolaan secara mandiri di lakukan oleh desa dalam mewujudkan unit unit usaha untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat desa. Dan EMBUNG desa sebagai dukungan terhadap peningkatan pertanian di Desa, terutamanya pengairan sawah dan lain sebagainya”, ungkapnya.

(Rais/red.3)