Jaringan Internet di Kabupaten Sangihe Makin Memburuk, Palapa Ring Mubazir

133

berantasonline.com (SULUT)

Palapa Ring yang dibangun awal tahun 2019 oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik
Indonesia di Kabupaten Kepulauan Sangihe, ternyata tidak ada manfaatnya.

Buktinya, sampai saat ini Palapa Ring tidak pernah difungsikan, meski yang datang melakukan peresmiannya langsung oleh
Menteri Kominfo Rudiantara didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Sulut Oly Dondokambey SE.

Yang memiriskan, bukan hanya Palapa Ring tidak berfungsi, tapi signal internet di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina tersebut justru semakin parah, termasuk jaringan telepon juga sama-sama ikut memburuk.

”Bukan hanya internet yang lamban, jaringan telepon seluler juga ikut memburuk, sampai-sampai kami harus berulang-ulang berbicara di ponsel karena tidak jelas apa yang kita dengar,” ungkap beberapa warga Tahuna.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Sangihe, Drs Irklis Sombonaung ketika dikonfirmasi, tak menepis belum berfungsinya Palapa Ring di Sangihe.

Bahkan menurutnya, berfungsinya fasilitas Palapa Ring masih terkendala kerja sama dan kesepakatan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI)
dan provider.

Terkait Palapa Ring dan keluhan warga soal lambanya internet dan jaringan telkomsel yang buruk, diakui Sombonaung pihaknya telah menyampaikan dan berkoordinasi dengan Kemenkominfo dan pihak terkait, namun saat ini masih menunggu permasalahan teknis yang sedang ditempuh BAKTI dan pihak provider.

”Memang untuk pekerjaan instalasi Palapa Ring sudah selesai akhir 2018, namun saat ini tinggal proses runingnya yang belum terealisasi. Kendalanya masih sedang diupayakan pihak BAKTI selaku mitra kerja para provider atau pun penyedia jasa lainnya,” ungkap Sombonaung.

Ditambahkan, provider yang rencananya akan menggunakan fasilitas Palapa Ring di Sangihe, diantaranya PT Telkom, Lintas Arta dan Net One.

(Handry)