Jalan Wisata Babakan Madang – Sukamakmur Longsor, Tranportasi Putus Total

215

berantasonline.com (Bogor) – Diguyur hujan terus menerus pada ahir tahun terjadi bencana alam tanah longsor dan ambas menghubungkan Kecamatan Babakan Madang dengan Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Selasa (31/12).

Adanya bencana alam yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di Kp Cilaya RT 02 / RW 08, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang tersebut, dengan sendirinya sarana transportasi putus tidak bisa dilalui kendaran roda empat dan roda dua lumpuh total.

H. Sugih tokoh masyarakat Karang Tengah dalam keterangannya kepada awak media menuturkan, jalan longsor terbelah membentuk lubang menganga 40 meter, bahkan tanah amblas berkisar antara 10 hingga 60 cm.

Terjadinya bencana tersebut karena adanya penambangan batu ilegal oleh masyarakat sekitar. Sebagai mata pencaharian, ini tambang ilegal itu terjadi sejak 10 tahun lalu, baru sekarang dampak bencana alam terjadi.

Pihak Pemdes Desa Karang Tengah telah memperingatkan penambangan tersebut namun tidak dihiraukan, bahkan warga menyalahkan pihak desa setempat, ungkap H. Sugih.

Keterangan lain diperoleh sementara, bahwa musibah bencana tanah longsor sebagai akses jalan wisata dikawasan itu telah dilaporkan ke Dinas PUPR Pemda Kabupaten Bogor, itu laporan sementara, ujar narasumber.

(Sam)