HUT Korem 061/Surya Kancana Ke-72, Kodim 0607/Kota Sukabumi Gelar Donor Darah

29

berantasonline.com (Sukabumi)

Memperingati hari jadi Korem 061/Surya Kancana yang ke- 72, Kodim 0607/Kota Sukabumi mengadakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sukabumi, bertempat di GOR Makodim 0607/Kota Sukabumi jalan RA Kosasih, Selasa (31/08/2021).

Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, M.I.Pol dan Ketua Persit KCK Cab XVII Rem 061 Rinita Danang Prasetyo Wibowo serta Kasdim 0607/Kota Sukabumi ikut serta dalam kegiatan tersebut serta menyempatkan untuk ikut donor darah.

Peserta donor terdiri dari anggota Yon Armed 13/Kostrad, Yonif 310/KK, FKPPI, Hipakat, Menwa, dan perwakilan dari tiap koramil jajaran Kodim 0607/Kota Sukabumi serta perwakilan anggota Persit KCK Cabang XVII Korcab Rem 061.

Penyelenggaraan donor darah kali ini terlihat berbeda dari biasanya, mengingat masih dalam Pandemi Covid-19. Semua peserta dan tamu undangan dibatasi serta dilakukan physical distancing. Selain itu, para petugas donornyapun menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Untuk donor ini kita targetkan sebanyak-banyaknya labu darah, Alhamdulillah kita bisa mengumpulkan 105 labu dari 147 orang pendaftar,” ujar ketua pelaksana kegiatan yang juga Pasipers Kodim 0607/Kota Sukabumi Lettu Arm Masjidi kepada awak media.

Diterangkan Pasipers, selain bentuk rasa syukur pada perayaan hari jadi Korem 061/Surya Kancana ke-72, kegiatan tersebut untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi. Dimana, pada masa pandemi saat ini stok darah sangat berkurang.

“Semoga kita bisa terus membantu masyarakat dalam berbagai aspek kedepannya,” terangnya.

Sementara itu, ketua PMI Kabupaten Sukabumi dr. Hondo Suwito menambahkan, pada masa pandemi saat ini stok darah mengalami penurunan pendonor. Dimana kekurangan darah hampir 50 persen.

“Awalnya kita mengalami penurunan pendonor hingga 50 persen dari biasanya. Namun dengan kebijakan baru ada peningkatan kembali,” imbuhnya.

Masih dikatakan Hondo, “Penurunan pendonor tersebut lantaran adanya kebijakan yang membatasi warga yang divaksin dengan waktu cukup lama. Namun saat ini sudah ada kebijakan baru, yakni yang sudah divaksin bisa melakukan donor darah setelah tiga hari kemudian,” pungkasnya.

(Red.39/Pendim 0607)