Humas Disdik : Sekolah di Kota Bogor Terancam Miskin Inovasi

355

berantasonline.com Bogor

Pasca terseretnya 6 Kepala SD di Kota Bogor yang diduga melakukan penyelewengan dana BOS, membuat sejumlah Kepsek khawatir salah dalam mengelola dana BOS meski peruntukannya telah sesuai mekanisme.

Seperti yang diutarakan Humas Disdik Kota Bogor Irvan Verdian, SH. Menurutnya, para Kepala Sekolah kedepannya diprediksi tidak akan berperan aktif apa lagi berinovasi untuk hal hal yang bersifat non budgeter, meskipun itu akan membawa nama baik sekolahnya.

“Justru mereka (Kepsek) akan takut dengan adanya BOS, meskipun peruntukkannya benar, namun mekanismenya salah di mata hukum. Jika demikian kondisinya, dunia pendidikan di ujung tanduk yang terjebak dalam kekakuan juknis & juklak bak kacamata kuda yang pada akhirnya sekolah akan miskin inovasi”, ujarnya.

Irvan mengatakan, yang sangat ditakutkan dapat berimbas langsung pada perkembangan maupun kreaktivitas peserta didik, “Lantas yakinkah kita akan melahirkan generasi unggul dalam kondisi suasana pendidikan seperti saat ini ?”, ungkapnya.

“Sebagai orang timur, suatu kewajaran memberikan suguhan pada tamu sekalipun itu hanya sekedar air mineral. Ini perlahan lahan akan berubah dan tidak mau lagi merogoh kocek pribadinya para guru takut disangka korupsi. Lantas dimanakah pelindungan hukum bagi para Kepala Sekolah maupun guru agar tidak lagi tersandung hukum, akan sulit menjaga marwah pendidikan nasional demi masa depan bangsa indonesia kejaman kejayaan”, pungkas Irvan.

(Ii Syaf)