Hujan Deras Guyur Cidahu Sore Hingga Malam Hari, Jembatan Penghubung Cicurug Cidahu Nyaris Roboh

196

berantasonline.com (Sukabumi) – Pondasi jembatan Cicewol yang menghubungkan Jalur Cicurug Cidahu yang terletak di Kampung Keboncau Pasirdalem Desa Babakanpari Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi ambrol tergerus air, diakibatkan volume air Cicatih meningkat selepas hujan deras yang mengguyur Cidahu dan sekitarnya sejak sore hingga malam hari, Selasa (27/04/2021).

Dijumpai dilokasi, Kapolsek Cidahu Iptu Ahmad Suryana mengatakan, arus lalulintas Cicurug Cidahu sementara akan ditutup dan akan dialihkan ke jalan alternatif yang bisa diakses meskipun sedikit agak jauh.

“Untuk sementara arus lalulintas dari arah Cicurug menuju Cidahu akan dialihkan ke arah jalan Tangkil, sedangkan dari arah Cidahu menuju Cicurug akan dialihkan ke arah jalan Babakanjaya”, jelasnya.

Jembatan tersebut adalah satu-satunya akses utama penghubung antar dua Kecamatan, yakni Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Dengan kondisi pondasi ambrol dan nyaris putus akibatnya kendaraan roda empat dan lebih tidak bisa lewat.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Babakanpari Iwan Gunawan menuturkan, “demi keselamatan pengguna jalan kendaraan roda empat atau lebih tidak bisa lewat dan jembatan terpaksa kami tutup, pasalnya kondisi tiang pondasi tengah jembatan terbelah akibat diterjang derasnya aliran air saat hujan”, tuturnya.

Pihak Polsek Cidahu, lanjut Iwan, sudah memasang garis polisi (police line) dan malam ini seluruh unsur terkait akan melakukan penjagaan untuk mengantisipasi jika ada kendaraan yang memaksa lewat.

“Kami akan melakukan penjagaan, khawatir ada kendaraan memaksa lewat, mengingat kondisi jembatan sudah retak dan miring akibat pondasinya hancur”, pungkasnya.

(Riswan/Ebi)