Himbauan Kemenkes dan Cara Pencegahan Penularan Covid-19

165

berantasonline.com (Jakarta)

Setelah organisasi dunia bidang kesehatan WHO menetapkan Covid – 19 (coronavirus disease 2019) sebagai darurat kesehatan, Kemenkes mengeluarkan himbauan upaya pencegahan penularan penyakit yang menyerang saluran pernafasan beresiko antar dunia.

Himbauan Kemenkes tersebut ditujukan kepada semua pekerja kementerian, lembaga dan BUMN dari pusat sampai ke daerah dikarenakan penyakit Covid – 19 hingga sekarang belum ditemukan obat dan vaksinnya, sejak teridentifikasi di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu.

Himbauan cara pencegahan Covid – 19 dikeluarkan Sekjen Kemenkes drg. Oscar Primadi MPH, M. Kes pada 5 Maret 2020 antara lain, menjaga area fasilitas bekerja tetap bersih, menyediakan akses bersama tempat cuci tangan yang mengalir.

Menyediakan tisue dan masker bagi pekerja/tamu dan pengunjung bergejala flek, batuk, demam. Memasang pesan kesehatan di tempat strategis, membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Disebutkan pula, sebelum melakukan perjalanan dinas ke luar negeri agar memperhatikan negara yan telah terjangkit Covid – 19, bila berada diluar negeri agar memperhatikan negara yang terjangkit Covid – 19 dan menghindari penugasan pegawai yang beresiko penyakit tersebut.

Bila menderita sakit saat perjalanan dinas di negara yang telah terjangkit agar mengikuti aturan yang telah ditetapkan di negara tersebut. Setelah kembali dari perjalànan dinas harus melakukan pemantauan mandiri selama 14 hari dengan mengecek suhu tubuh sehari dua kali.

Bila terdapat pegawai mengalami gejala demam diatas 38 “C filek/batuk nyeri tenggorokan, sesak nafas agar menghubungi petuhas tenaga kesehatan. Memper banyak dan menyebar luaskan informasi pencegahan Covid – 19 pada saluran media komunikasi internal.

Media informasi dapat diunduh melalui http://promkes.Kemkes.go.id/kumpulan-flyer-pencegahan-virus-corona.

Informasi perkembangan penyebaran virus Covid – 19 dapat diakses tlp emergency 021- 5210411 dan 081212123119, halo Kemkes 15567 dan website www.infeksiemerging.kemkes.go.id.www.sehat negriku.kemkes.go.id.

(Sam)