Hanafi Rais Bakal Menggantikan Taufik Kurniawan Yang Tersandung Kasus Korupsi

1303

berantasonline.com (Jakarta) Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais yang kini menjabat Anggota Fraksi PAN digadang gadang bakal menggantikan kedudukan Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR RI Bidang Ekbang.

Menurut Wakil Bendahara Partai Amanat Nasional Asri Anas di Jakarta, Kamis (1/11) bahwa rapat harian DPP PAN pada hari Rabu (31/10) telah merekomendasikan Hanafi Rais untuk menggantikan Taufik Kurniawan.

Namun Wakil Ketua Dewan Kehorman PAN Dradjat Wibowo mengatakan, usulan Hanafi Rais dan Mufachri menjadi pengganti Taufik muncul disejumlah obrolan. “Namun usulan itu belum dibicarakan dalam rapat DPP PAN, jika dalam obrolan memang muncul dua nama itu”, ujar Dradjat kepada Wartawan Kamis (1/11).

Akan tetapi Wakil Sekjen DPP PAN Asri Anas sebaliknya mengatakan bahwa pada Rabu malam (31/10) rapat harian DPP PAN telah merokomendasikan Hanafi Rais untuk menggantikan Taufik Kurniawan. “Jadi kelihatannya sudah 99 persen Hanafi”, tegasnya.

Sementara itu KPK memperingatkan Taufik agar Kooperatif mengingat sudah dua kali dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka namun dia minta penjadwalan ulang.

Taufik Kurniawan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga telah menerima imbalan saat mengurus dana Alokasi Khusus fisik APBN Perubahan 2016 untuk APBD Kabupaten Kebumen sebesar hampir Rp 100 miliar, dimana Taufik menerima fee sebesar Rp 3,65 miliar.

Terkait kedudukan Taufik sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar pada Badan Pemenangan Nasional Prabowo – Sandiaga Uno, pihak Tim Pemenangan Prabowo – Sandi menyerahkannya kepada PAN sebagai Partai yang mengusulkan Taufik Kurniawan.

(red.1)