H. La Tinro Latunrung Tanamkan Nilai Luhur Pancasila, UUD 45 dan NKRI Lewat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

42

berantasonline.com (Enrekang-Sulsel)

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sulsel III, Ir. H. LaTinro Latunrung menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Bumi Massenrengpulu kabupaten Enrekang Jumat, 22/11 silam.

Di depan ratusan warga dari berbagai perwakilan se Kabupaten Enrekang, H.La Tinro Latunrung yang mengemban amanah di Komisi VI DPR RI, nampak begitu bersemangat menyampaikan pentingnya memaknai sekaligus menjalankan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Ir. H. La Tinro Latunrung yang tak lain adalah mantan Bupati Enrekang dua periode menekankan jika tanggung jawab wakil rakyat, salah satunya harus melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan. Sebab, hal ini sesuai dengan amanat UU tentang tugas dan tanggung jawab selaku anggota DPR RI dalam menanamkan nilai nilai Kebangsaan Dimasyarakat.

“Tentang Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, itu harus dipahami dengan baik oleh semua elemen masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Inilah salah satu tujuannya kenapa ada sosialisasi seperti ini,” terangnya yang duduk di DPR RI melalui Partai Gerindra.

Ia mengurai, meski ini untuk kali pertama melakukan sosialisasi 4 pilar pasca-dilantik, namun dirinya berkomitmen untuk terus menjalankan tanggung jawab dengan sebaik baiknya yang nantinya tak hanya di Enrekang saja akan di daerah lainnya yang masuk wilayah Dapil Sulsel III.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR.

Selain dari itu kegitan ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kehadiran pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari,” sebut La Tinro.

Berdasarkan pantauan, di sosialisasi yang dipadati ratusan warga dari berbagai unsur hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat pemerintah kabupaten Enrekang, para kepala desa serta tokoh agama, tokoh masyarakat serta unsur pemuda.

Pemerintah kabupaten Enrekang yang diwakili Kepala Inspektorat kabupaten Enrekang Haedar merespon positif kegiatan ini dan berharap agar makna yang terkandung dari kegiatan semacam ini dapat diimplementasikan di semua elemen yang ada di daerah ini.

(JAY)