Gugus Darma Warta PWI Kabupaten Bogor, Akan Bergerak Dalam Penanggulangan Bencana Alam dan Kemanusiaan

85

Bogor, BERANTAS

Rapat Perdana Pengurus Gerakan Pramuka Gugus Darma Warta Kabupaten Bogor hari Jum’at siang (24/9-2021), berlangsung di Aula Sekretariat SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Kabupaten Bogor, di Jl. Bersih Nomor 1 Lantai 2, Cibinong Bogor.

Hadir dalam kesempatan itu Pengurus lengkap Gugus Darma Warta Kabupaten Bogor terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris dan Bendahara. Selain itu Staf Bidang Diklat, Bidang Logistik, Bidang Humas dan Bidang Pengabdian masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Gugus Darma Warta Kab Bogor H. Bustanul Daham, M.Si memaparkan tentang maksud dan dasar pembentukan Gugus Gerakan Pramuka sebagai wadah para Jurnalis yang turut serta aktif dalam pembangunan bidang kesejahteraan sosial.

“Bahwa sesuai dengan Program PWI dalam pengabdian masyarakat, maka Gugus Darma Warta sebagai tempat untuk berkiprah dalam kegiatan sosial yang dibutuhkan masyarakat”, katanya.

Ketua PWI Kabupaten Bogor H. Subagiyo, S.IP menjelaskan, bahwa Pembentukan Gugus Darma Warta Pramuka sebagai wadah para anggota PWI untuk berperan dalam tugas tugas sosial di Kabupaten Bogor seperti Penanggulangan Bencana Alam dan misi kemanusiaan lainnya.

“Untuk itu seluruh anggota PWI diharapkan turut menjadi anggota Gugus Darma Warta”, ujarnya.

Ketua Gugus Darma Warta PWI Kabupaten Bogor H.Danang Donoroso S.IP secara tegas mengatakan, sebagai jurnalis anggota Gugus Pramuka harus ambil bagian dalam membangun daerah Kabupaten Bogor khusus dalam bidang kesejahteraan sosial.

“Bahwa anggota Gugus Darma Warta harus siap sedia dalam penanggulangan masalah sosial di Kabupaten Bogor diantaranya seperti menyukseskan Program Penanggulangan Covid 19, melalui tulisan para anggota harus berperan aktif”, ujar Mas Danang panggilan akrabnya yang juga Pimpinan Umum Harian Pelita Baru itu.

Dalam kesempatan terpisah, H. Danang Donoroso berkeinginan Gugus Darma Warta PWI Kabupaten Bogor memiliki Mobil Ambulance tersendiri dalam turut serta memberikan bantuan bagi masyarakat dan anggota yang membutuhkan.

Untuk itu, ia meminta agar para anggota siap siaga untuk ditugaskan dalam kegiatan bhakti masyarakat apabila dibutuhkan.

Sementara itu, Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor yang diwakili Kak Doris Sundari selaku Waka Bidang Abdimas, menyambut baik terbentuknya Gugus Darma Warta PWI Kabupaten Bogor.

Kak Doris berharap suatu saat nanti Pengurus Gugus Darma Warta akan diikut sertakan dalam Kursus Orientasi Gerakan Pramuka untuk lebih mengenal organisasi dan Struktur Organisasi Kepramukaan.

Ia menambahkan, terhadap permohonan pelantikan oleh Kwartir Cabang Kabupaten Bogor apabila tidak ada perubahan akan segera diproses. “Mengenai kapan waktu pelantikan dan pengukuhan akan dibicarakan kemudian”, pungkasnya.

Dalam Rapat Pengurus Gugus Darma Warta PWI Kabupaten Bogor telah memantapkan Susunan Kepengurusan yang lebih solid periode 3 tahun mendatang (2021-2024), sesuai dengan SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 176 tahun 2012 tentang Pedoman Penyelenggaraan Gugus Darma Pramuka.

Berdasarkan Keputusan Pengurus PWI Kabupaten Bogor nomor 0107/SK/PWI-BGR/IX/2021, diangkat sebagai Ketua Gugus Darma Warta PWI Kabupaten Bogor H. Danang Donoroso, S.IP, Wakil Ketua H. Bustanul Daham, M.Si.

Sekretaris Saipul Kurnia, Wakil Sekretaris A. Indrawan Heryadi, SE. Bendahara Abdul Manan.

Bidang Diklat Untung Bachtiar, Eddy Johardin.

Bidang Logistik Wiwin Sudarto, Nur’ain.

Bidang Humas Doddy Irawan, Kuswanto SH, dan

Bidang Pengabdian Masyarakat Yuniar Azis, Hasanuddin Perdana

(Bust/red.01)