Gubernur Jawa Barat Resmikan Tiga Monumen di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu

113

berantasonline.com (Sukabumi) – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang di dampingi Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melakukan peresmian Monumen Puncak Aher, Monumen Puncak Darma, Monumen Curug Cimarinjung (Panenjoan) serta Ruas Jalan Provinsi sepanjang 33 Km di Kampung Pamoyanan Desa/Kecamatan Ciemas Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan peletakan batu pertama pembangunan jalan, Jumat (20/4).

Dalam sambutannya Aher menyampaikan bahwa pada Tanggal 17 April 2018 UNESCO telah melaksanakan sidang dan memutuskan ada 13 Geopark di Seluruh Dunia yang tergabung ke dalam UNESCO Global Geopark (UGG), dimana dua diantaranya berasal dari Indonesia yaitu Geopark Ciletuh Palabuhanratu dan Geopark Rinjani. Oleh karena itu kawasan ini harus di tata, termasuk diantaranya pembangunan jalan Puncak Aher yang merupakan salah satu penataan infrastruktur di kawasan Ciletuh.

“Jika dulu yang dikenal adalah Puncak Darma dan Panenjoan, maka sekarang ada 3 tempat yang dikenal sebagai tempat untuk melihat bentang alam Geopark Ciletuh yaitu Panenjoan, Puncak Darma dan Puncak Aher, bahkan Puncak Aher merupakan puncak yang paling tinggi dan paling bagus, karena angin yang dimilikinyapun lebih stabil sebagai tempat olahraga paralayang” ungkapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Ka Bappeda Prov Jabar, Kadis Bina Marga Jabar, Asda I Bidang Pemerintahan Hukum dan Kesos, Camat Ciemas, Pimpinan IPB, Perwakilan Toyota, serta perwakilan PTPN 8. (Riswan/Fajar)