Gubernur Jambi Zumi Zola Dituntut Hukuman 8 Tahun Penjara

59

berantasonline.com (Jakarta) – Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola, Kamis(8/11) dituntut hukaman 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan oleh Tim Jaksa Tipikor dibawah pimpinan Iskandar Marwanto.

Dalam persidangan di Jakarta, Kamis (8/11), Jaksa Penuntut umum menyatakan bahwa terdakwa Zumi Zola dinilai terbukti menerima gratifikasi dan memberi suap kepada para anggota DPRD Provinsi Jambi untuk memuluskan pengesahan Rancangan Anggran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Terdakwa melanggar Pasal 12B dan Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 jo Pasal 65 ayat (1) Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP).

Tim Jaksa Penuntut Umum juga meminta Majelis Hakim untuk mencabut hak politik Zumi Zola selama 5 tahun terhitung sejak masa pidana berakhir.

Dalam dakwaan, Jaksa menyatakan bahwa dari total gratifikasi berjumlah Rp 40 miliar, Zumi mengkonfirmasikan sebesar Rp 17,4 miliar sesuai yang ada dalam catatan Immadudin seorang kepercayaannya.

Sisanya berupa pembelian patung mainan, mobil serta uang untuk umrah telah dikembalikan secara bertahap kepada KPK.

Terdakwa Zumi Zola berencana mengajukan nota pembelaan pribadi yang dijadwalkan pekan depan serta Tim Penasehat Hukum akan membuat pleidoi tersendiri atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

(red.1/P.Manalu)