Gubernur Jabar Tandatangani Persetujuan Pembentukan CDPOB Sukabumi Utara

65

berantasonline.com (Sukabumi) –

Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi membahas Usulan Pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Sukabumi Utara di Hotel Pangrango Sukabumi, Rabu (23/12/2020).

Demi mencegah penyebaran Covid-19, acara tersebut diberlakukan protokol kesehatan, untuk peserta yang hadir diwajibkan mengikuti test Rapid antigen dan sebagian peserta mengikuti secara virtual.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk persamaan persepsi dan menyatukan komitment serta tindak lanjut Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru.

Kepala Bagian Urusan Pemerintahan Setda Jawa Barat Azis Zulfikar Ali mengatakan bahwa Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) merupakan bagian dari penataan daerah yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi otonomi daerah secara luas di wilayah Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Zainul menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan adanya rencana penataan wilayah untuk Calon Daerah Otonomi Baru khususnya Sukabumi.

“Otonomi daerah merupakan kebutuhan artinya daerah diberikan kesempatan untuk mengurus penataan daerahnya demi kesejahteraan masyarakat, tentunya ini akan mempermudah daerah dalam pemerataan pembangunan”, ungkapnya.

Zainul berharap, CDOB bisa segera terwujud sehingga dapat meningkatkan derajat tarap hidup masyarakat. “Dalam perjalanannya pemekaran di Kabupaten Sukabumi diusulkan karena wilayahnya yang cukup luas, sementara itu aspirasi masyarakat untuk adanya pemekaran merupakan aspirasi yang positif, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendukung hal tersebut”, imbuhnya.

Pemekaran untuk Kabupaten Sukabumi Utara yang terdiri dari 21 Kecamatan dan rencana pusat pemerintahannya terletak di Kecamatan Cibadak.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan DPRD Jawa Barat telah menandatangani persetujuan pemekaran wilayah, Jum’at lalu (04/12) dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jawa Barat Kota Bandung.

(Alex/Riswan)