Gubernur Jabar Pantau Dua Titik Rawan Banjir di Kota Depok

28

berantasonline.com DEPOK –

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan sidak langsung di dua titik rawan banjir di Kota Depok, Selasa (13/10/2020).

Salah satu lokasi yang didatangi Ridwan Kamil adalah Jalan Arif Rahman Hakim, Beji dengan memeriksa gorong – gorong yang ada di sepanjang jalan tersebut.

Dan titik yang kedua di Setu Rawa Besar dan Setu Pladen.
Ridwan Kamil mengatakan permasalahan yang sulit di tangani adalah adanya penyempitan.

Untuk itu Ridwan Kamil meminta Pjs Wali Kota Depok agar segera melakukan tindakan, karena jika tidak segera diambil tindakan, maka ancaman banjir akan selalu menghantui warga kota Depok.

“Saya sudah instruksikan kepada Pj Wali Kota untuk dihitung saja, kalau ternyata solusinya pelebaran, pengerukan, dan lainnya, ya segera lakukan, hitungan hari. Karena kalau lewat dari 1-2 hari, hujan datang lalu banjir, kasian warga,” ucapnya.

“Solusi jangka pendek saya ambil alat untuk keruk sampah yang melintas karena kalau dibongkar untuk saat ini enggak mungkin, kalau orang nyelam juga enggak mungkin. Satu-satunya cara, saya carikan alat secara mekanis untuk angkut sampah. Mungkin di Pindad Bandung ada, saya hibahkan kalau alatnya ada,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa persoalan air itu sebagai teori sederhana. Persoalan air tidak bisa dibohongi. “Mau bagaimana juga kalau dia dicintai, juga balik mencintai. Kalau dibungkam airnya marah.

Nah kira-kira ada penyempitan di sana, itu jangka pendek sudah saya perintahkan kerjakan saja. Kalau masih bicara kewenangan, nanti panjang lagi, keburu hujan lagi, jadi ngeruk berapa nanti koordinasi,” ucapnya.

Ketika mengunjungi dua setu di Depok, Emil melihat kondisinya sudah baik. Bahkan dia berjanji akan menambah fasilitas pariwisata untuk hiburan warga.

“Ada 2 setu yang saya kunjungi. Salah satunya Rawa Besar, bagus lah ya. Kualitasnya kalau diperbandingkan lebih besar di sana (Rawa Besar). Nanti saya tambahkan fasilitas pariwisata perahu untuk warga, karena kalau warga bahagia kan imun juga naik, tinggal jaga jarak saja dan disiplin,”

Ketika wartawan Koran Berantas menanyakan keberadaannya sudah berapa lama di kota Depok, dengan lugas Kang Emil menjawab “Saya berada di Kota Depok ini sudah minggu ke 3 makanya kota Depok ini sudah tidak zona merah lagi sudah dalam kendali yang baik, ujarnya.
Achmad Hudori