Gebyar Vaksinasi di GOR Rang Agam, Disdukcapil Sediakan Pelayanan Update NIK

24

Agam BERANTAS

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam menyediakan pelayanan update Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat gebyar vaksinasi di GOR Rang Agam, dalam mengantisipasi data yang tidak cocok.

Kepala Disdukcapil Agam, Helton di Lubukbasung mengatakan, pelayanan gebyar vaksin telah dilakukan dua hari di GOR Rang Agam.

“Kita menyediakan empat orang petugas dan pelayanan itu akan berlanjut saat pelaksanaan vaksinasi lainnya. Dimana lokasi vaksinasi, kita akan ada melayani NIK,” ujarnya.

Lanjut mengatakan, pelayanan itu untuk mengupdate NIK yang bermasalah atau keluar nama orang lain saat vaksinasi.

Dengan temuan itu, petugas bakal memperbaiki NIK yang tidak abdet tersebut, sehingga NIK itu akan akurat.

“Selama ini NIK ada yang bermasalah dan kita yang memperbaiki atau mengantisipasinya,” ujarnya.

Bagi pelayanan vaksinasi di Puskesmas yang bermasalah NIK, tambahnya petugas vaksinator mengirimkan foto KTP dan KK ke sentral pelayanan dokumen kependudukan Disdukcapil Agam.

Setelah itu, petugas bakal memperbaiki NIK tersebut. Pelayanan itu dilakukan mengingat petugas pelayanan Disdukcapil Agam sangat terbatas.

Ia menambahkan, Disdukcapil Agam juga membuka pelayanan dokumen kependudukan berupa cetak KTP-El bagi pelajar yang berusia diatas 17 tahun dan memperbaiki KTP warga yang rusak.

Ini untuk memudahkan warga dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Kita mendekatkan pelayanan bagi masyarakat,” katanya.

Sementara Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan menambahkan jumlah peserta vaksinasi sebanyak 1.368 orang pada Rabu (6/10).

Ke 1.368 orang yang divaksinasi itu dengan rincian tahap pertama 1.292 orang dan tahap dua 76 orang, pungkasnya.

(Delco Fitril)