Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kota Bogor Dikukuhkan

14

berantasonline.com (Bogor) – Dalam upaya peningkatan Pemahaman Terhadap Hukum dan Hak Asasi Manusia harus dimulai sejak dini tak terkecuali dari kalangan pelajar.

Pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum & HAM dan penobatan Duta Hukum dan HAM Kota Bogor oleh Drs. Hanafi, MSi Asisten Pemerintahan yang mewakili Wali Kota Bogor bertempat di Aula Paseban Sri Baduga (25/10/19).

Kegiatan diikuti oleh perwakilan 22 Sekolah Tingkat Atas di Kota Bogor dengan terdiri dari 49 orang Pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum & HAM. Tampak Hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor H. Fahrudin, beberapa Kepala Sekolah dan puluhan pelajar.

Laporan Alma Kepala Bagian Hukum dan HAM Kota Bogor sebagai Ketua Panitia mengatakan “kegiatan ini berupa pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum & HAM Kota Bogor sebagai pelaksanaan dari Keputusan Walikota nomor 180.45-290 tahun 2019, yang tujuannnya melakukan pembinaan, penelitian, pengembangan, evaluasi, kerjasama dan komunikasi mengenai kesadaran Hukum dan HAM antar pelajar, dan penobatan Duta Hukum dan HAM Kota Bogor yang meraih juara 2 pada lomba Keluarga Sadar Hukum tanggal 24-25 September 2019 di Bandung.

Kegiatan dilanjutkan dengan Diseminasi peningkatan pemahaman terhadap Hak Asasi Manusia dengan narasumber dari Kanwil Hukum dan HAM Jawa Barat, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat wilayah II dan Bagian Hukum dan HAM Setdapem Kota Bogor.

Asisten Pemerintahan Hanafi dalam kata sambutan mengharapkan pemahaman pelajar yang tergabung dalam forum ini setelah dikukuhkan dapat dijalankan dengan baik dalam tindak tanduk keseharian di lingkungan Sekolah dan keluarga, dengan diterapkan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia.

Jadikanlah Forum Pelajar Sadar Hukum & HAM Kota Bogor sebagai wadah yang tepat dan Penobatan Duta Hukum dan HAM Kota Bogor yang juara 2 dapat terus ditingkatkan yang nantinya sebagai icon yang mampu menyuarakan bahwa Kota Bogor adalah Kota yang toleransi.

Pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kota Bogor selanjutnya akan menjadi bagian dari serangkaian kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang pada bulan Desember 2019 akan dipusatkan di Kota Bandung untuk melakukan upacara pelajar yang tergabung dalam forum se Jawa Barat untuk mendukung program pemerintah dalam menolak radikalisasi, penyebaran berita hoax, intoleran dan diskriminasi “lanjut Alma.

(Ii Syaf)