FORKASI Sukabumi Motivasi Orang Tua Menangani Anak Disabilitas

43

berantasonline.com (Sukabumi) –

Forum Komunikasi Orang Tua Anak Spesial Indonesia (FORKASI) adalah sebuah perkumpulan atau organisasi berbasis masyarakat yang fokus pada disabilitas pada umumnya dan mengkhususkan diri pada jenis disabilitas/gangguan/kondisi tertentu.

Pembentukan perkumpulan ini dilatarbelakangi masih rendahnya pemahaman orang tua dan masyarakat mengenai hak-hak penyandang disabilitas yang dijamin oleh negara. Sehingga perlu sekali ada wadah pelibatan dan pembangunan komunikasi orangtua-terapis/guru dan pemerintah yang belum banyak dilakukan.

Forkasi yang dibentuk di daerah Cicurug Sukabumi satu tahun yang lalu, tepatnya tanggal 11 November 2018 yang diketuai Imas Yusmiati yang lebih akrab dipanggil Yusmi telah melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang peduli terhadap anak-anak disabilitas khususnya daerah Cicurug dan umumnya Sukabumi.

Macam disabilitas yang terjaring dalam forkasi tersebut adalah: down syndrom, ADHD+ASD (jenis autism), CP (Cerebal Palsy), tuna netra, tuna rungu serta tuna wicara.

Ketua Forkasi Sukabumi Yusmi menjelaskan, Tujuan dibentuknya forkasi di Sukabumi adalah untuk memotivasi orang tua yang memiliki spesial needs untuk tetap semangat didalam mengurus, mendidik, menangani serta mau menyekolahkan anaknya hingga bisa bersosialisasi seperti tipikal anak lainnya.

“Jadi untuk orang tua yang punya anak berkebutuhan khusus jangan pesimis, bisa bergabung di forum ini”, jelasnya kepada berantasonline.com saat ditemui dikantornya, Senin (18/11/2019).

Forkasi membantu mengarahkan orang tua dan memutuskan sebuah keputusan. Contohnya, metode terapi untuk anak autis ada banyak dan banyak di antara orang tua yang masih bingung ingin memberikan anaknya terapi yang seperti apa, atau sebaiknya anak dimasukan di sekolah khusus atau sekolah inklusi.

“Sekolah inklusi merupakan sekolah umum yang memiliki program bagi anak berkebutuhan khusus. Jadi, ABK dapat berada dalam satu kelas dengan anak umum lainnya”, ujarnya.

Bila berminat konsultasi juga tak perlu khawatir soal biaya, sebab layanan ini gratis dan murni ingin membantu orang tua dengan anak berkebutuhan khusus, yang memerlukan banyak informasi atau sekadar bertukar pikiran. Anda dapat berkonsultasi di nomor 083896478092 atau bisa langsung datang ke kantor sekretariat di Jl. Raya Siliwangi No 311 Cicurug atau Radio Bestari.

(Riswan/Ebi)