Festival Teluk Stabas V Lestarikan Adat Budaya Asli Negeri Para Sai Batin dan Ulama

120
berantasonline.com (Krui Lampung) – Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Pesisir Barat, tidak lama lagi akan menggelar Festival Teluk Stabas ke-V tahun 2018, mengusung tema “Bebai ngantak uyan sesuduk”, yang akan di pusatkan di kawasan wisata terpadu Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab Pesisir Barat, Audi Marpi, mengatakan, parade yang akan diselenggarakan meliputi perlombaan Kreasi Budaya yang ada di seluruh Kabupaten Pesisir Parat.

“Nantinya sebanyak 12 jenis kegiatan akan diperlombakan. Seperti,  parade budaya bebai ngantak sesuduk, nyelimpok gelamai, nyulam tapis, lomba video wisata budaya, lomba ngunduh damar, lomba tari kreasi, lomba mawalan, lomba ngukur kelapa, lomba burung bekicau, lomba lagu lampung dan lomba kuliner,” ujarnya.

Jumlah peserta yang akan mengikuti perlombaan tersebut sebanyak 1.832 orang.

“Satu orang dari masing – masing pekon akan menjadi peserta bebai nyuncun pahar dan sisanya bebai ngantak uyan sesuduk. Masing – masing pekon di seluruh Kabupaten Pesibar sebanyak 116 pekon, ditambah dua kelurahan akan diambil 16, hingga tujuh peserta, yang akan dilakukan pada tanggal 16 – 23 April mendatang,” jelas audi.

Adapun tujuan Festival Teluk Stabas ke V dimaksudkan untuk melestarikan dan mempertahankan adat budaya asli negeri para sai bathin dan ulama.

Audi berharap, seluruh masyarakat yang berminat mengikuti lomba kreasi budaya tersebut bisa langsung menghubungi Disparekraf setempat, supaya bisa langsung didata. (benk)