Festival Semarak Pulau Pisang 2018 Diawali Kegiatan Jalan Sehat Keliling Pulau

435

berantasonline.com (Pesisir Barat Lampung) – Festival Semarak Pulau Pisang ke tiga tahun 2018, resmi di buka oleh Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, pada Selasa (07/08/2018) sekitar pukul 13.00 WIB bertempat di pekon pasar Pulau Pisang, kecamatan pulau Pisang, kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan bahwa dengan di adakan secara rutin event Semarak Pulau Pisang, adalah ajang untuk mempromosikan adat istiadat dan budaya serta objek wisata di daerah itu.

Bupati juga berpesan agar masyarakat  pulau pisang menjaga dan melestarikan seluruh adat istiadat serta budaya yang ada di kecamatan pulau pisang.

Jangan sampai apa yang menjadi ciri khas masyarakat pulau Pisang, tergerus oleh budaya barat ataupun budaya luar, yang belum tentu sesuai dengan kepribadian dan adat budaya masyarakat di pulau pisang.

Hal itu dikatakan Bupati, mengingat Pulau pisang, merupakan salah satu destinasi wisata, khususnya, para turis mancanegara yang menggemari olahraga surfing.

Bupati berpesan kepada semua masyarakat pulau pisang, “Kalau bisa, tanah yang ada disini, jangan sampai pindah tangankan ke orang dari luar. Jangan karena terbentur kebutuhan langsung jual saja, cari lah solusinya, seperti mengajak rekanan pemilik modal, untuk membangun peningapan, home stay, ataupun hotel. Kita yang menyediakan lahan, sementara pemodal yang membangun nya, dengan, kesepakatan, dalam jangka beberapa tahun, setelah, perjanjian habis, bangunan tersebut, menjadi milik kita sebagai pemilik lahan. Kan itu lebih bijak, dan menguntungkan kita”, tutur Bupati.

Festival Semarak Pulau Pisang ke tiga tahun 2018 diawali kegiatan Jalan Sehat atau yang disebut Kebut Pulau Pisang, dengan rute mengelilingi semua pekon yang ada di pulau tersebut.

Acara kebut pulau pisang itu diikuti oleh Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Wakil Bupati Erlina, Kapolres Lampung Barat dan Pesisir Barat AKBP Tri Suhartanto, para kepala OPD, serta para undangan dan masyarakat setempat, yang terlihat begitu antusias menyambut event tahunan kabupaten termuda di lampung tersebut.

(Benk)