DPRD Sumenep Minta Warga Adukan Pelayanan Buruk Puskesmas

62

berantasonline.com (Sumenep Jatim) – Pelayanan Puskesmas Bluto Kabupaten Sumenep yang dikeluhkan masyarakat karna dianggap tidak ramah pelayanan, mendapat sorotan Komisi IV DPRD Kab Sumenep.

“Sebagai pelayan publik seharusnya Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan secara prima, saya tidak ingin mendengar lagi keluhan masyarakat seperti ini”, ujar Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Achmad Zubaidi kepada berantasonline.com di ruang kerjanya (7/2).
Zubaidi mengatakan, jika ada petugas Puskesmas diwilayah Kabupaten Sumenep yang buruk pelayananya, maka sesegera mungkin laporkan ke Komisi IV DPRD, “Karena kewajiban kami untuk mengontrol kinerja Dinkes. Kalau masih ada pelayanan yang tak maksimal jangan diam saja, laporkan ke kami, kita akan bina, bahkan jika perlu dibinasakan,” tegasnya.
Zubaidi mengaku heran dengan Puskesmas Bluto yang notabene telah terakreditasi, “Kalau masih ada keluhan yang macam-macam, berarti akreditasinya tidak maksimal,” imbuhnya.

Politisi senior Partai Persatuan Pembanginan (PPP) Sumenep ini menambahkan, Dinkes tidak boleh menyalahkan masyarakat yang mengeluhkan terkait pelayanan, melainkan jadikan bahan evaluasi untuk berbenah. “Jangan menyalahkan masyarakat, karena apa yang menjadi kewajiban selaku pelayan masyarakat harus dilakukan,” tuturnya.
Sebagai partner kerja Dinkes, Komisi IV DPRD Sumenep tidak perlu lagi menyampaikan himbauan, melainkan harus bekerja, untuk itu semua harus bekerja sesuai ketentuan yang berlaku. “Pelayanan harus sudah baik, tidak boleh lagi ada keluhan, kalau sudah berusaha maksimal tapi masih ada keluhan, ya itu baru manusiawi,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, palayanan yang diberikan Puskesmas Kecamatan Bluto mendapat protes warga karena diduga telah memaki-maki keluarga pasien saat hendak menebus obat. (Bakri)