DPRD Pesibar Minta Kepastian Jadwal Pelantikan Dua Peratin Yang Tertunda

70

berantasonline.com (PESISIR BARAT) –Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar hearing dengan Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membahas permasalahan belum dilantiknya dua peratin terpilih yaitu Zainan Hariri sebagai peratin terpilih pekon Suka Marga, dan Anzir peratin terpilih pekon Sukanegeri, kecamatan Bangkunat, Senin lalu (18/2).

Dalam hearing yang dipimpin langsung Ketua Komisi I Elizawati dan dihadiri juga oleh Ketua DPRD Pesisir Barat Piddinuri, Wakil ketua II AE.Wardhana kasuma, Sekretaris Komisi I Ahmad Husaini, Sekretaris Komisi II martin Sofyan Syahrudin, anggota fraksi dari partai Golkar, dan Wahyu Nurbaiti serta Kabag Tapem Sukmawati, membahas terkait pelantikan peratin terpilih Pekon Sukanegeri dan Sukamarga Kecamatan Bangkunat yang hingga kini masih tertunda.

Menurut Ketua Komisi I, Elizawati, bahwa pihaknya sendiri meminta agar Pemkab Pesibar melalui Bagian Tapem untuk bisa memberikan kepastian terkait jadwal pelantikan dua peratin terpilih dimaksud. “Karena hingga kini hanya tinggal dua pekon tersebut yang belum dilantik atas hasil pemilihan peratin (pilratin) serentak 2018 lalu,” tegas Elizawati.

Berbagai tanggapan juga disampaikan oleh beberapa anggota Komisi I lainnya yang mengarah agar Pemkab Pesibar bisa segera melaksanakan pelantikan dua peratin yang belum dilantik itu. Salah satunya datang dari Syahrudin, anggota DPRD kabupaten Pesisir Barat dari fraksi Golkar, dirinya mengatakan “tidak ada alasan lagi pemkab untuk tidak segera melantik dua peratin terpilih, yaitu peratin Sukamarga dan peratin Sukanegeri, karena aturan pilratin sudah jelas, ada Perbup nya , Jadi gak ada alasan lagi untuk mengulur ulur pelantikan kedua peratin terpilih tersebut”, tegas Syahrudin.

Sementara Kabag Tapem Setdakab Pesisir Barat, Sukmawati mengatakan bahwa pihaknya menemui kendala dalam upaya pelantikan peratin Pekon Sukanegeri. “Sedangkan untuk Pekon Sukamarga tidak ada masalah sama sekali,” ucap Sukma.

Kendati demikian, menurut Sukma, pihaknya sendiri meminta waktu agar permasalahan pelantikan dua peratin terpilih itu bisa segera diselesaikan. Pihaknya sendiri memproyeksikan jika pelantikan dimaksud akan dihelat bersamaan dengan pelantikan peratin Pergantian Antar Waktu (PAW) yang dijadwalkan April mendatang”, ungkap Sukmawati.

(Benk)