Disparekraf Pesibar Gelar Pelatihan Pemandu Selancar

62

berantasonline.com (Lampung)

Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPAREKRAF) Pesisir Barat, menggelar Pelatihan tenaga pemandu selancar kabupaten Pesisir Barat tahun 2019, selama tiga hari, bertempat di losmen Sunset Beach, Jum’at (28/6) sampai Minggu (30/6).

Kadis Pariwisata kabupaten Pesisir Barat, Gunawan dalam sambutanya mengatakan,” acara yang bertemakan ” Melalui selancar mari kembangkan destinasi wisata dan tingkatkan perekonomian masyarakat itu,
Bertujuan ,” untuk mengembangkan dunia wisata Pesibar, yang salah satunya dengan cara menciptakan tenaga pemandu selancar, Selain itu juga sebagai ajang transfer ilmu kepariwisataan dan sosialisasi hukum hukum tentang pariwisata.

Lebih jauh lanjut gunawan,” diharapkan dengan dilaksanakan pelatihan pemandu selancar , dihasilkan pemandu pemandu yang berkwalitas , dan diharapkan bisa menjadi ajang promosi wisata Pesisir Barat, melalui Spot tourism. Sekaligus membuka lapangan Pekerjaan. karena hingga saat ini di kabupaten Pesisir Barat , yang kita ketahui memiliki pantai yang eksotis dan banyaknya spot surfing kelas dunia, belum memiliki pemandu selancar ataupun pemandu wisata, Jelasnya.

Keterangan senada disampaikan pemateri dalam acara tersebut, yang juga Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Elvin Yonanda , ” tujuan diadakan pelatihan pemandu selancar tahun 2019 selain untuk melatih calon para pemandu selancar juga untuk memperkenalkan destinasi wisata sekaligus memasyarakatkan olahraga surfing. Kepada seluruh masyarakat Pesisir Barat.

Diterangkan juga oleh Elvin, Saat ini di kabupaten Pesisir Barat sendiri terdapat 5 komunitas surfing dengan jumlah anggota sebanyak 60 orang, yang tentunya jika di berikan pelatihan atau pembekalan ilmu tentang kepariwisataan yang cukup, akan berdampak pada naiknya taraf perekonomian mereka, lebih luasnya lagi akan meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Negeri para Sai Bathin dan Ulama ini, yang secara otomatis juga akan meningkatkan PAD dari sektor pariwisata. jelasnya.

(Benk)