Disnaker Natuna Upayakan Kartu Pra Kerja Bagi Karyawan Yang Dirumahkan

41

Berantasonline.com Kepri

Merebaknya wabah Covid-19 yang melanda di berbagai daerah di Indonesia, telah berdampak pada perkonomian masyarakat.

Salah satu penyebabnya ialah dari kebijakan Pemerintah mengeluarkan peraturan dan himbauan tegas agar tidak melakukan kegiatan mengumpulkan orang banyak (Sosial Distancing) sebagai upaya memutus rantai Wabah Covid-19.

Dengan demikian tidak sedikit perusahaan yang terpaksa memutus Hubungan Kerja (PHK) bagi karyawannya.

Namun tidak hal nya dengan Kabupaten Natuna. Diketahui hingga saat ini, menurut data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Natuna, belum ada satu orang pun yang di PHK ditengah wabah Covid-19.

Hal tersebut diduga, Kabupaten Natuna dinilai masih nihil akan kasus Positif Covid-19.

“Sampai hari ini kami belum terima data orang yang di PHK di Natuna ini,” ujar Husaini, Kepala Disnakertrans Natuna. Jum’at, (17/04/2020) pagi.

Meski demikian kata Husaini, Disnakertrans telah menerima laporan sebanyak 12 orang karyawan yang bekerja sebagai karyawan salah satu tempat wisata, yang saat ini di rumahkan sementara.

“Memang ada 12 orang yang saat ini telah dirumahkan, 12 orang itu semuanya karyawan dari pengelola tempat wisata Batu Kasah,” terangnya.

Lanjut Hisaini, 12 orang yang dirumahkan tersebut telah diupayakan Dinnakertrans Natuna untuk bisa mendapatkan Kartu Parakerja.

Dengan memiliki Kartu Prakerja, nantinya para karyawan itu akan mendapatkan uang tunai senilai 500 ribu rupiah perbulan, selama 4 bulan kedepan.

“Sudah kita suruh mereka urus, biar mereka mendapatkan kartu itu, semoga dengan adanya Kartu Prakerja, bisa sedikit mengurangi beban mereka yang di rumahkan,” pungkas Husaini.

(Jabaruddin)