Disdukcapil Lakukan Pelayanan Keliling Dengan Protokol Kesehatan

10

berantasonline.com Sumbar

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil) Kabupaten Agam lakukan pelayanan keliling dengan Protokol Kesehatan di Nagari Guguak Tabek Sarojo Kecamatan IV Koto pada hari Sabtu 17 Oktober 2020.

Walinagari Guguak Tabek Sarojo Nasdi Azid mengatakan tidak ada kerumuman masa dalam kegiatan ini. “Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Dukcapil Agam, masyarakat menyerahkan bahan ke petugas Nagari untuk diverifikasi. Selanjutnya, hari ini petugas datang memproses dan mencetak dokumen Kependudukan. Semua Dokumen yang telah selesai akan diserahkan oleh petugas Nagari kepada masyarakat pada hari yang ditentukan dengan protokol kesehatan”.

Hal tersebut dipertegas oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Agam Drs. Misran, M.Pd bahwa pelayanan keliling ini berbeda dengan kegiatan sebelum pandemi Covid 19. Pelayanan Keliling dilakukan ke Nagari yang telah mengumpulkan bahan persyaratan Adminduk masyarakat dan telah diverifikasi oleh petugas Nagari. Petugas Dinas Dukcapil datang untuk memproses dan mencetak dokumen Kependudukan. Dokumen Adminduk yang telah selesai dicetak akan diserahkan kepada masyarakat oleh petugas Nagari keesokan harinya.

“Berbeda dengan Pelayanan Keliling sebelum pandemi Covid 19, kita tidak mengumpulkan masyarakat. Kita mengikuti Protokol kesehatan dimana tidak ada pengumpulan masa. Alhamdulillah, dengan metode seperti ini, petugas Dinas Dukcapil berhasil melakukan pelayanan 298 Dokumen Kependudukan yang terdiri dari pembuatan 99 Kartu Keluarga, 48 Akta Kelahiran, 14 Akta Kematian, 126 cetak KTP elektronik, dan 11 surat pindah”, ujar Misran.

Selanjutnya Drs. Misran, M.Pd menjelaskan bahwa disamping pelayanan keliling seperti itu, setiap hari Sabtu dan Minggu juga dilakukan pelayanan perekaman KTP eletronik di Kantor Dinas Dukcapil Lubuk Basung. Hari pertama pelayanan dengan Protokol kesehatan berhasil direkam dan dicetak sebanyak 33 KTP elektronik. Ungkapnya
(Bj.Rahmat,).