Disaksikan Mensos, Bupati Sukabumi Tandatangani Prasasti DSM

56

berantasonline.com (Sukabumi) – Bertempat di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami hadiri kegiatan Wisuda Desa Sejahtera Mandiri (DSM) untuk 8 Desa dari 4 Kabupaten di Propinsi Jawa Barat terdiri dari Desa Gede Pangrango Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Desa Sukaratu Kabupaten Cianjur, Desa Ciburial, Desa Margamukti, Desa Maruyung, Desa Cibiru Wetan, Desa Rawabango Kabupaten Bandung dan Desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI dan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, Kamis (12/07).

Pada kesempatan tersebut Bupati Sukabumi menandatangani Batu Prasasti Desa Sejahtera Mandiri, yang disaksikan oleh Menteri Sosial RI serta dihadiri Ketua Komisi VIII DPR RI, Bupati Bandung dan para undangan.

Mensos Idrus mengatakan, Wisuda DSM ini sebagai tindak lanjut Nawacita untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

“Dari desa kami memahami bahwa dari pinggir itu tidak hanya dalam arti fisik tetapi juga bisa dalam arti pikiran, kemudian dalam arti ketertinggalan dan dalam arti kemiskinan. Oleh karena itu maka kita memilih desa-desa yang relatif memiliki ketertinggalan, desa-desa itulah yang kita jadikan sebagai proyek pengembangan model Desa Sejahtera Mandiri”, jelasnya.

Idrus pun bersyukur bahwa pada hari ini dirinya bisa meresmikan delapan desa yang di anggap sudah memenuhi ketentuan Desa Mandiri.

“Dan Alhamdulillah pada hari ini meresmikan delapan desa yang dianggap sudah lulus, sudah naik kelas salah satu diantaranya adalah desa yang kita tempati ini”, tambahnya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama Kementerian Sosial, Komisi VIII DPR-RI, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi di Indonesia untuk mengembangkan desa-desa yang tertinggal di seluruh Indonesia.

“Kedepan ini kita fokus daerah-daerah atau wilayah perbatasan ada 41 Kabupaten/Kota yang ada di daerah perbatasan yang menjadi fokus perhatian Kementerian Sosial, Komisi VIII dan Perguruan-perguruan Tinggi yang sudah kerja sama dengan Kementerian Sosial”, pungkasnya.

(Riswan/Alex)