Dinkes Pesisir Barat Segera Bagikan 11.094 Kartu Indonesia Sehat

101

berantasonline.com (Lampung) – Sebanyak 11.094 Kartu Indonesia Sehat (KIS) diserah terimakan oleh Kepala BPJS Pesisir Barat, D. Hadiyanto kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Bambang Purwanto, bertempat dikantor Dinas kesehatan Setempat, Senin (18/3).

KIS sebanyak 11.094 kartu merupakan program pemerintah kabupaten dalam hal ini dinas kesehatan (Dinkes) pesisir Barat bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pesisir Barat guna membantu masyarakat yang tingkat ekonominya dianggap kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan layanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pesisir Barat, Bambang Purwanto, saat ditemui saat penyerahan kartu KIS menjelaskan, bahwa kartu KIS yang diserahkan oleh BPJS Pesisir Barat sebanyak 11.094 kartu merupakan penerima yang masuk dalam kriteria Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Menurutnya, PBI sendiri jenisnya ada dua macam, yaitu PBI yang pembiayaannya bersumber dari APBN melalui Kementerian Sosial, dan PBI yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“KIS yang baru kita terima ini termasuk dalam jenis PBI yang pembiayaanya diambil APBD Kabupaten Pesisir Barat tahun anggaran 2019 sebesar Rp 5,9 Milyar, dan akan segera kita bagikan ke masyarakat penerima”, terang Bambang.

Sementara itu untuk teknis pembagian KIS nantinya akan disalurkan melalui Puskesmas yang ada di masing masing kecamatan.

Bambang berharap dengan diterimanya kartu indonesia sehat, bisa membantu masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Pesisir Barat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

(Benk)