Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Wujudkan Kampung IB

26

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto

berantasonline.com (SUMENEP)

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep tahun 2020 ini bertekad akan mewujudkan Kampung Inseminasi Buatan (IB). Dinsanya, saat ini akan fokus kepada mengembangkan program IB itu di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Guluk-guluk, Ganding, dan Lenteng (Luganteng).

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto, sebenarnya progam IB ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. Namun, tahun ini lebih difokuskan ke tiga Kecamatan yang berpotensi, yang nantinya akan mampu mewujudkan Kampung IB.

“Hntuk sementara bakal focus pada tiga kecamatan ini, dan tahun ini ini kami akan fokus untuk melakukan pembibitan ternak sapi melalui inseminasi buatan di Luganteng untuk mewujudkan Kampung IB,” ungkapnya, Kamis (27/02/2020).

Inseminator yang ada kata Bambang sudah menjadi paramedis yang tentunya sangat paham kapan ternak IB ini akan melahirkan dan bagaimana pemeliharaan yang benar dengan sistem paramedis tersebut.

Diakui mantan Kepala Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep ini, jika target Kampung IB di tiga Kecamatan itu benar-benar akan terwujud, mengingat potensi peternakan di tiga wilayah tersebut selama ini cukup bagus.

“Dengan adanya Kampung IB, nantinya kami harapkan juga akan terwujud Destinasi Wisata Kampung IB, sehingga akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya.

(MAM)