Diklat Investigasi dan Jurnalisme Media Siber Koran Berantas Akan Segera Digelar

197

berantasonline.com (Bogor Jabar) – Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) singkat dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Wartawan Koran Berantas / berantasonline.com akan dilaksanakan selama dua hari di Hotel Pondok Garuda Jalan Cikopo Selatan Megamendung Puncak Bogor.

Pelatihan jurnalistik ini bertajuk Diklat Jurnalistik Investigasi dan Jurnalisme Media Siber, akan diselenggarakan  hari Jumat-Sabtu tgl 30,31 Maret 2018 mendatang, dengan peserta dibatasi minimal 30 orang dan maksimal 40 orang Wartawan Koran Berantas dan berantasonline.com yang aktif bertugas menjalankan profesinya.

Rapat pemantapan tugas Panitia berlangsung Rabu (21/2) bertempat di Sekretariat Redaksi Jl Situ Aksan No 2A Bogor Baru dipimpin langsung oleh Pemimpin Redaksi selaku Penanggungjawab kegiatan H. Bustanul Daham M.Si, didampingi Wakil Sekretaris Abdul dihadiri jajaran Redaksi, Kepala Perwakilan Jawa Barat, DKI, Banten Biro Bogor Raya dan Sukabumi.

Wakil Sekretaris Panitia Abdul Manan dalam kesempatan itu memaparkan kesiapan para nara sumber yang akan menggodok peserta agar benar benar memahami dan mampu melaksanakan tugas sebagai Jurnalis yang benar benar menjalankan Kode Etik Jurnalistik, dan yang mengetahui Peraturan Perundang Undangan yang berlaku.

Oleh sebab itu Redaktur berantasonline.com Abdul Manan berharap agar Wartawan baik dari jajaran Redaksi maupun Biro dan Perwakilan Daerah tidak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti Diklat ini dengan sebaik baiknya dengan memperhatikan Surat Edaran atau panggilan yang telah dikeluarkan.

Sementara itu Suhaemi dan Zulkarnain Rangkuti selaku Petugas Seksi Usaha dan Logistik melaporkan kesiapan tempat di Hotel/Pondok Garuda  yang lokasinya bersebelahan dengan Gedung Diklat Mahkamah Agung di.Jalan Cikopo Selatan Megamendung Bogor berhawa sejuk dengan fasilitas Kolam Renang. “Para peserta nantinya diharapkan sudah melaksanakan Daftar Ulang pukul 14.00 sampai Pkl  17.00 wib pada Jumat 30 Maret 2018 mendatang”, jelasnya.

Dari pihak Tim Seksi Logistik Iwan Kurniawan melaporkan akan diupayakan hiburan Organ Tunggal untuk menghibur para peserta.  

Dalam Diklat Singkat nantinya akan diberikan materi latihan antara lain Pengenalan Media Siber dan UU No 40 th 1999 tentang Pers dengan Nara Sumber dari Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Korwil II Jabar, Piyarso Hadi, S.IP. Kode Etik Jurnalistik dan Etika Wartawan dengan nara sumber Drs. H. Bustanul Daham, M.Si. Teknik Investigasi / Investigative Reporting dengan nara sumber DR. Kardenal M.Si Sekretaris Diskominfo Kab Bogor. Implementasi UU ITE dan KUHAP nara Sumber Andry Santosa, S.Pd, SH, MH Pimpinan Umum berantasonline.com. dan Praktek Media Siber (Online) dibawah Koordinasi Satria.

Diakhir Rapat diputusan untuk melaksanakan pertemuan lagi pada hari Sabtu 3 Maret 2018 Pkl 10.00 wib untuk mengecek kesiapan Seksi-Seksi dan penyampaian Proposal kegiatan. (red.1)