Diklaim Bisa Meningkatkan Imun dan Detox Racun, Kantor Kelurahan Menteng Ciptakan Alat Terapi Sauna Herbal

55

Bogor, BERANTAS

Untuk membantu menjaga imunitas dan membuang racun di tubuh, Kantor Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, membuat sebuah inovasi kreatif berupa alat terapi uap herbal.

Alat Terapi berupa Bilik Sauna Uap Herbal tersebut, dapat dimanfaatkan warga sebagai pilihan alternatif pengganti berjemur matahari.

Lurah Menteng, Drs. H. Arief Rachman Badrudin kepada Wartawan Berantas, Selasa(3/8), memaparkan, uap panas yang dihasilkan berasal dari bahan rempah-rempah sehingga aman bagi tubuh tanpa efek samping.

Bilik sauna ini, berukuran 120x185x80 cm yang terdiri dari rangka besi yang ditutupi terpal kedap panas matahari. Di dalamnya disiapkan satu bangku dan ada pipa yang mengeluarkan asap uap panas. Di bagian luar pada belakang bilik terdapat kompor yang memanaskan bahan-bahan rempah pada sebuah teko yang disambungkan ke pipa yang tersambung ke dalam bilik.

Bahan rempah yang digunakan terdiri dari sereh, daun sirih dan jahe. “Untuk 1 liter air kami menggunakan 5 daun sirih, 3 jahe, dan 3 batang sereh. Sebelum direbus bahan-bahan tersebut ditumbuk agar aromanya kuat. Panas uap yang keluar sekitar 30 sampai 40 derajat. Warga yang sauna di dalam bilik ini bisa selama 5 sampai 10 menit tergantung kuatnya dia,” ujarnya.

Pelajar yang sedang magang di Kantor Kelurahan Menteng, nampak dipersiapkan melayani siapa melayani siapa saja warga yang hendak mencoba alat terapi tersebut.

“Inovasi ini diklaim bisa membantu menjaga imunitas tubuh di kala pandemi saat ini, bilik sauna ini, terbuka untuk semua warga di Kelurahan Menteng, khususnya kalangan remaja dan lansia baik pria maupun wanita. Sauna ini, buka dari jam 08.00 sampai jam 12.00 dari hari Senin sampai Jumat. Orang yang sudah sauna kemudian diberikan minuman jamu. Minimal setelah terapi dan minum-minuman herbal badan jadi segar dan sehat luar dalam. Ini alternatif pengobatan secara tradisional. Manfaat dari sauna herbal ini di antaranya mendetox tubuh dari toksin, melancarkan pernapasan dan bisa membunuh virus di belakang tenggorokan. Karena virus itu akan mati di suhu 20 derajat. Sedangkan sauna ini suhunya di atas 20 derajat. Dengan suhu tersebut toksin bisa keluar lewat keringat, muntahan atau keluar saat buang air besar atau buang air kecil. Jadi, ini sangat bermanfaat bagi tubuh,” jelasnya.

Lurah Arief Rachman Badrudin menambahkan, lokasi terapi di gedung Balai Karya tepatnya di samping Kelurahan Menteng. Inovasi ini, adalah hasil kolaborasi dengan LPM Bogor Barat yang dapat memanfaatkan rempah-rempah di sekitar sebagai obat-obatan. Selain bantuan logistik dan sebagainya dari pemerintah, Kelurahan Menteng juga memberikan terapi herbal berupa bilik sauna.

“Ini satu inovasi dari kelurahan Menteng untuk meningkatkan imunitas warga di tengah pandemi agar tidak terpapar Covid-19. Kita mencoba menggali potensi alam yang ada untuk bisa digunakan sebagai pengobatan. Diharapkan ini dapat membantu percepatan penyembuhan berbagai penyakit,” harapnya.

“Kepada seluruh warga Kelurahan Menteng, kita manfaatkan fasilitas saung herbal ini, dan ini gratis. Saya sudah mencoba dan rasanya membuat badan segar. Insya Allah ikhtiar ini sebagai upaya kita agar tubuh tetap sehat di tengah pandemi ini,” tambahnya.

Bilik sauna uap herbal, adalah satu kesatuan dengan gedung Balai Karya yg dapat dimanfaatkan sebagai rumah singgah tempat isolasi mandiri (isoman) bagi warga yang negatif Covid-19. Rumah singgah ini, baru memiliki 6 bed.

“Dalam satu keluarga yang terpapar Covid-19 tidak selalu semuanya positif. Ada juga yang negatif. Untuk mengantisipasi yg positif biasanya tidak mau dipindah ke pusat isolasi. Maka, agar orang yg negatif itu tidak terpapar menjadi positif maka harus dipisahkan isomannya di rumah singgah ini,” pungkasnya.

(Ii Syafri/red.2)